HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DI SDN INPRES I TUMARATAS KECAMATAN LANGOWAN BARAT

Pingkan Mellisa Palar, Henry Palandeng, Vandri Kallo

Abstract


Abstrak:Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran, seperti mengerjakan tugas dan kegiatan pembelajaran lain.Hasil belajar dipengaruhi oleh diri sendiri yaitu adanya keinginan untuk belajar dan dari luar yaitu dorongan dari lingkungan sosial terutama dari keluarga.Peran orang tua adalah andil orang tua dalam memberikan persiapan yang baik untuk anak demi keberhasilan pendidikan yang dijalani.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia di SD Negeri Inpres I Tumaratas Kecamatan Langowan Barat. Metode Penelitian ini menggunakan survei analitik cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sampel 59 responden. Teknik analisa data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi squarepada program komputer. Hasil penelitian ini diperoleh nilai p= 0,003 yang menunjukan bahwa nilai p lebih kecil dari nilai α = 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut kepada semua kelas.
Kata Kunci :Peran Orang Tua, Prestasi Belajar, Usia sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v3i2.8027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Publisher:

Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi

 

View My Stats