GAMBARAN MOTIVASI KERJA DAN PELAYANAN PRIMA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM BETHESDA GMIM TOMOHON
Abstract
ABSTRACT:Motivation of nurses is the important thing because motivation is the one of caused, to lead, and human support for someone to do the best and get the best result. Excellent Service is the first element in the hospital and health sector, that the patients need. The aims of the research to see the picture of work motivation and excellent service of nurses at Bethesda GMIM Tomohon Hospital. Desain research The study was descriptive-qualitative, the population was all of nurses and patients in Bethesda GMIM Tomohon Hospital This research sample 60 respondent (nurse and patient), with the purposive sampling. Data analysis used of this study was data processor software SPSS. The result: The result of the study showed that intrinsic motivation of good category (48,3%), less category (51,7%), extrinsic motivation of good category (50%), less category (50%). Excellent service nurse when first meet the patient of good category (71,7%), less category (28,3%), when will start of good category (53,3%), less category (46,7%), and after they do the excellent service in good category (70%), less category (30%). The conclution more nurses are motivated by extrisic than intrinsic, and patiens feel that is provided nurses already do the excellent service. Advice would be able to add more information to researcher and to the hospital to maintain the excellent service provided to patients. Keywords : Work Motivation, Excellent Service, Nurses ABSTRAK :Motivasi bagi perawat sangat penting karena motivasi adalah hal yang menyebabkan, menyalurkan, dan mendukung prilaku manusia supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil optimal. Motivasi perawat didapat dari dalam diri(intrinsik) dan dari luar diri(ekstrinsik). Pelayanan prima merupakan elemen utama di rumah sakit dan unit kesehatan yang sangat diperlukan pasien saat dalam keadaan sakit. Tujuan Untuk mengetahui gambaran motivasi kerja dan pelayanan prima perawat di RSU Bethesda GMIM Tomohon. Desain penelitian yaitu menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini 60 responden perawat dan pasien yang didapat dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menggunakan software pengolah data statistik SPSS, memperlihatkan bahwa motivasi intrinsik perawat kategori baik sebanyak (48,3%), kategori kurang (51,7%), motivasi ekstrinsik kategori baik (50%), kategoori kurang (50%). Pelayanan prima perawat saat bertemu pasien kategori baik (71,7%), kategori kurang (28,3%), saat akan mulai tindakan kategori baik (53,3%), kategori kurang (46,7%), dan setelah selesai tindakan kategori baik (70%), kategori kurang (30%). Kesimpulan dari penelitian ini lebih banyak perawat termotivasi secara ekstrinsik dibanding intrinsik, dan pasien merasakan kepuasan atas pelayanan prima perawat di RSU Bethesda GMIM Tomohon. Saran sekiranya dapat menambah infromasi bagi peneliti lainnya, dan bagi tempat penelitian agar mempertahankan pelayanan prima yang telah diberikan kepada pasien. Kata Kunci : Pelayanan Prima Perawat, Motivasi Kerja, Perawat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v3i3.8723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi