Peran Brand Ambassador dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Salah Satu Marketplace di Kota Makassar)

Amir Mahmud

Abstract


Abstract : This study was carried out to investigate the impact that brand ambassadors have on purchasing decisions, as well as the effect that brand image has on such decisions. In this study, primary data are gathered in the form of responses from respondents using a questionnaire method that is derived from operational variables. This study is a quantitative investigation, and the statistical package SPSS was utilized for the analysis. The findings of the study indicate that there is a positive and significant influence on purchasing decisions made by brand ambassadors, and there is also a positive and large influence on purchasing decisions made by brand image. It is hoped that the firm will continue to promote its brand by selecting the appropriate brand ambassador, and it is hoped that the company will continue to bring consistency to the positive brand image that has been developed by the company.

 

Abstrak : Studi ini dilakukan untuk menyelidiki dampak yang dimiliki brand ambassador terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh citra merek terhadap keputusan tersebut. Dalam penelitian ini, data primer dikumpulkan dalam bentuk tanggapan responden dengan menggunakan metode angket yang diturunkan dari variabel operasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan paket statistik SPSS digunakan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh brand ambassador, dan juga terdapat pengaruh yang positif dan besar terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh brand image. Diharapkan perusahaan akan terus mempromosikan mereknya dengan memilih duta merek yang sesuai, dan diharapkan perusahaan akan terus membawa konsistensi terhadap citra merek positif yang telah dikembangkan oleh perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Admin Jakpat. (2022, June). Orang-Orang Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Di Sini, Loh! - Jakpat Info. https://jakpat.net/info/orang-orang-belanja-kebutuhan-rumah-tangga-di-sini-loh/

Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1

Armstrong, & Kotler. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran. Intermedia.

Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).

Karamoy, H., & Tulung, J. E. (2020). The Effect of Banking Risk on Indonesian Regional Development Bank. Banks and Bank Systems, 15(2), 130-137

Kemp, S. (2021, January). Digital 2021: the latest insights into the ‘state of digital’ - We Are Social UK. https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Oktavianti, R., & Budiarti, A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek (Studi Pada Konsumen KOI Bubble Tea Tunjungan Plaza Surabaya). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 112–127.

Simamora, H. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE. YKPN.

Stefanus, S., & Sutisna, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Camera CCTV Protech terhadap Minat Beli Konsumen PT. Profestama Tehnik Cemerlang di Alam Sutera Tangerang. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 902–909.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. CV Alfabeta.

Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh hallyu, ambassador merek, dan citra merek terhadap keputusan pembelian atas produk republik natur di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203–211.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.43138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.