PENGARUH PROMOSI, BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BAGI PENGGUNA TOKOPEDIA PADA MAHASISWA/I UINSU)

Lisma Yana Siregar, Muhammad Irwan Padli Nasution

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of promotion, brand ambassador on consumer buying interest which has an impact on product purchase decisions for Tokopedia users. This type of research is quantitative with a survey method. Data obtained by distributing questionnaires to respondents. Respondents in this study were students of the State Islamic University of North Sumatra as many as 100 respondents. The method used in this study is analysis multiple linear regression using SPSS version 26. The results show that promotion has a positive and significant effect on buying interest. Brand ambassador has a positive and significant effect on buying interest. Purchase intention has a positive and significant effect on purchasing decisions. Promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions. Brand ambassador has a positive and significant effect on purchasing decisions. Buying interest is able to mediate the influence of promotion on purchasing decisions. Buying interest is able to mediate the influence of brand ambassadors on purchasing decisions.

 

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, brand ambassador terhadap minat beli konsumen yang berdampak pada keputusan pembelian produk bagi pengguna Tokopedia. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode survei. Data yang didapat dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Minat beli mampu menjadi mediator pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian. Minat beli mampu menjadi mediator pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Ardian, R., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Kembali Cat Dulux Di Depo Keramik Katapang Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35854

Firmansyah. (2020). Komunikasi pemasaran.

Kotler, & Keller. (2013). Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta: Airlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Kotler, Philip, dan Gary Armstrong Dasar-Dasar Pemasaran jilid 1, Edisi 12, Erlangga, Jakarta - Yahoo Search Results.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764

Maksum, A. (2018). Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image.

Mcleod, R., & Schell, G. (2007). Management information systems.

Medah, M. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran PerusahaanMajdah Zawawi1 and Noriah Ramli. (2016). E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,” Vol.2 No.(May), 31–48. Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS,” Vol.2 No.(May), 31–48.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Rahmawati, A., Sugandini, D., & Istanto, Y. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Attitude Loyalty Dan Behavioral Loyalty Yang Dimediasi Oleh Emotional Experience Pada Pengguna Mobile Application Shopee (Studi Kasus Di Yogyakarta). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.36740

Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 1. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.9

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sugiyono.+++2011.+Metode+++Penelitian+++Kualitatif%2C+Kuantitatif%2C+dan+R%26D.+Bandung%3A+Alfabeta.&btnG=

Tokopedia.com Site Info. (n.d.). Alexa Internet. Retrieved September 9, 2022, from https://www.alexa.com/siteinfo/Tokopedia.com

Wardhana, P. (2016). Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Nilai, Pengaruh Sosial, Persepsi Risiko, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.43667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.