FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL KOTA MANADO

Christine Amelia Londong, David Saerang, Rosalina Koleangan

Abstract


Abstrak

Pengembangan daerah dalam melaksanakan pendelegasian wewenang serta anggaran dari pusat ke daerah dalam bentuk otonomi menjadi kesempatan sekaligus momok menakutkan apabila tak bisa dikelola dengan baik, apalagi dengan banyaknya kebutuhan serta keinginan masyarakat di daerah yang perlu untuk diperhatikan dan berimplikasi pada kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pengambil keputusan.

Kinerja pegawai menjadi salah satu hal yang paling dituntut dalam pelaksanaanya, apakah sudah benar-benar melihat kebutuhan masyarakat dalam memberi pelayanan dan mengambil keputusan.

Dalam penelitian ini digunakan data primer dengan metode Ordinary Least Square dengan analisis regresi berganda untuk melihat seberapa besar factor-faktor independen yang ditentukan memberikan pengaruh pada kinerja pegawai.

Dari hasil perhitungan didapati baik secara parsial variable pelatihan, motivasi pegawai dan distribusi pekerjaan maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai menunjukan hasil R Square sebesar 0,766 yang artinya 76,6 persen kinerja pegawai negeri sispil kota Manado dipengaruhi oleh variable yang ada di dalam penelitian sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak ada dalam penelitian.

 

Kata kunci : otonomi daerah, kinerja, motivasi, pelatihan, distribusi kerja

Abstract

Regional development in implementing the delegation of authority and budget of the center to the regions in the form of autonomy into opportunities and frightening if it can not be managed properly, especially with the many needs and wishes of the people in the area that need to be considered and the implications for the policies made by the government as a taker decision.

Employee performance became one of the most demanded in its implementation, whether it actually saw the needs of society in providing services and making decisions.

This study used primary data with Ordinary Least Square method with multiple regression analysis to see how big factors specified independent influence on employee performance.

From the calculation of the variable found to be either partially training, motivation and distribution of work and simultaneously towards employee performance showed the results of R Square of 0.766, which means 76.6 percent of the performance of civil servants sispil Manado city is influenced by variables in the study while the remaining affected by other factors that were not in the study.

 

Keywords: autonomy, performance, motivation, training, labor distribution


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.10251.17.2.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ