KAJIAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA PEREMPUAN DI KOTA MANADO

Sutomo Wim Palar, Een N. Walewangko, Albert T. Londa

Abstract


KAJIAN TINKGAT PENGANGGURAN TERBUKA PEREMPUAN DI KOTA MANADO

Sutomo Wim Palar, Een N. Walewangko. Albert T. Londa

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ekonomi Pembangunan

Universitas Sam Ratulangi, Manado

ABSTRAK

Masalah pengangguran merupakan salah satu masalah utama makro ekonomi yang menjadi penghambat pembangunan daerah karena akan meninmbulkan masalah-masalah sosial lainnya. Daya serap pasar kerja selain terbatas yang menyebabkan banyaknya angkatan kerja yang menganggur ternyata masalah permintaan tenaga kerja dengan tingkat keahlian khusus membuat tenaga kerja yang ada tidak terserap oleh pasar kerja. Jika tingkat pengangguran di suatu negara relatif tinggi, hal tersebut akan menghambat pencapaian tujuan pembangunan ekonomi yang telah dicita-citakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pengangguran perempuan, faktor-faktor dominan yang menyebabkan pengangguran yang ada di Kota Manado, dan menganalisis sektor potensial yang menyerap tenaga kerja perempuan sesuai dengan kualifikasi pencari kerja perempuan yang ditersedia.Pengangguran adalah seseorang yang sudah digolongkan dalam angkatan kerja yang sedang aktif mencari pekerjaan pada suatu tingkat upah tertentu tetapi tidak dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkannya. Data yang di gunakan adalah sekunder yaitu data Sakernas dan Sakerda Tahun 2012. Serta data primer yang diperoleh dari informasi rumahtangga, perusahaan dan kegiatan pemerintah daerah berhubungan dengan aktivitas perempuan di Kota Manado. Metode yang digunakan adalah  metode deskriptif  untuk menghasilkan identifikasi berbagai karakteristik pencari kerja perempuan. Dan metode inferensia untuk melihat pola perilaku dan hubungan-hubungan antar variabel yang diduga menjadi faktor yang signifikan mempengaruhi pengangguran perempuan di Kota Manado.

Kata Kunci : Ketenagakerjaan, Pengangguran

ABSTRACT

The problem of unemployment is one of the major macroeconomic problems that become an obstacle for regional development will meninmbulkan other social problems. Labor market absorption in addition to the limited labor force which caused the number of unemployed turned out the problem of labor demand with a specific skill level to make the existing workforce is not absorbed by the labor market. If the unemployment rate is relatively high in a country, it would hinder the achievement of economic development goals that have aspired.

This study aims to identify the characteristics of female unemployment, the dominant factors that cause unemployment in the city of Manado, and analyze the potential sectors that absorb women's employment in accordance with the qualifications of women job seekers are often insufficient.Unemployment is someone who has been classified in the workforce who are actively looking for a job at a certain wage level but can not get a job he wanted. Data used was secondary that Sakernas and Sakerda 2012. As well as primary data obtained from the information of households, enterprises and regional activities related to the activities of women in the city of Manado. The method used is descriptive method for the identification of various characteristics of female job seekers. And methods of inference to see patterns of behavior and relationships between variables thought to be a significant factor affecting the female unemployment in the city of Manado.

Keywords: Employment, Unemployment


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.14203.18.3.2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ