PENGARUH BELANJA MODAL DAN INVESTASI TERHADAP TENAGA KERJA PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SULAWESI UTARA

Ansyela Milli Kristi Pangalila, Tri Oldy Rotinsulu, George M.V Kawung

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Belanja Modal dan Investasi terhadap pertumubuhan ekonomi dan tenaga kerja di Sulawesi Utara. Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah makro ekonomi jangka panjang pencapaiannya dilakukan pada setiap program sektor ekonomi, dimana program sektoral akan melibatkan investasi negara maupun investasi swasta. Secara konseptual pertumbuhan ekonomi disertai dengan distribusi pendapatan yang adil akan mensejahterakan masyarakat luas. Belanja modal untuk membiayai infarstruktur akan memicu investasi swasta, menambah kesempatan kerja baru dan banyak masyarakat yang akan memperoleh pendapatana sehingga tingkat kemiskinan berkurang.

Pertumbuhan ekonomi mendorong pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan ekonomi dengan mengelola sumber daya yang ada dan membentuk suatu pola kemitraan dengan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru yang akan mempengaruhi perkembangan kegiatan ekonomi dalam daerah tersebut (Kuncoro, 2004).

Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperolah berdasarkan data yang tersedia dan bersumber dari laporan Badan Pusat Statistik. Jenis data yang digunakan adalah Time series. Data Time Series dari tahun 2005 sampai 2019. Objeknya adalah Provinsi Sulawesi Utara. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analis berganda.

Temuan penelitian ini adalah secara statistik belanja modal dan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Jika belanja modal meningkat maka akan terjadi peningkatan pertumbuhan ekonomi.

 

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Tenaga Kerja, Belanja Modal dan Investasi

 

ABSTRACT

            This study aims to analyze the effect of capital expenditure and investment on economic growth and labor in North Sulawesi. Economic growth is a long-term macroeconomic problem that is achieved in every economic sector program, where sectoral programs will involve state and private investment. Conceptually, economic growth accompanied by an equitable distribution of income will prosper the wider community. Capital expenditure to finance infrastructure will trigger private investment, increase new job opportunities and many people will get income so that poverty levels are reduced.

Economic growth encourages local governments to carry out economic development by managing existing resources and forming a partnership pattern with the community to create new jobs that will influence the development of economic activities in the area (Kuncoro, 2004).The data used in this study are secondary data obtained based on data available and sourced from the Central Statistics Agency report. The type of data used is Time series. Time Series Data from 2005 to 2019. The object is North Sulawesi Province. While the analytical tool used is multiple analysts.               The findings of this study are statistically capital expenditure and investment have a positive and significant effect on economic growth. If capital expenditure increases, there will be an increase in economic growth.              

Keyword: Economic Growrth, human labor, capital expendticture, and invesment


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.32819.21.2.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ