ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DI POLITEKNIK NEGERI MANADO

Olha Rut Bambulu, Vecky A.J. Masinambow, Tri Oldy Rotinsulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan dan penganggaran serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan anggaran di Politeknik Negeri Manado. Perkembangan Jumlah mahasiswa terus meningkat pesat, sampai tahun 2019 berjumlah 4274 mahasiswa.  Keberhasilan ini ditunjang oleh anggaran Pendidikan. Anggaran itu tertuang dalam RKAKL yang memuat semua anggaran Pendidikan termasuk anggaran Proses Belajar Mengajar. Namun dalam beberapa tahun terjadi pembengkakan anggaran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif komparatif yang dimulai dengan mengumpulkan dan menyaring semua data yang masuk secara menyeluruh dan membandingkan data setiap tahun anggaran kemudian mengevaluasi pelaksanaan dan penerapannya.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa terdapat beberapa pembengkakan pada tahun Anggaran tahun 2016 sejumlah Rp.6.077.793.000 dan realiasi mencapai Rp.6.224.013.000, meningkat sekitar 102.41 %. Anggaran tahun 2017 sejumlah Rp. 7.454.385.000 dan realisasi Rp.7.492.726.000, meningkat 100.51%. Anggaran tahun 2018 sejumlah Rp.8.997.876.000 dan realisasi Rp.7.860.011.000, meningkat sekitar 87.35%. Anggaran tahun 2019 sejumlah Rp.7.493.504.000 dan realisasi mencapai Rp.7.974.199.000, meningkat sekitar 106.41%.

Tahun 2016, rasio efektivitas anggaran kegiatan belajar mengajar  sebesar 102.41% yang berarti target anggarannya sangat efektif.  Demikian juga dengan tahun 2017  yang  rasio efektivitas mencapai 100.51% dan tahun 2019 rasio efektivitasnya mencapai 106.41%.  Untuk tahun 2018, rasio efektivitas hanya 87,35% atau standar efektivitas tergolong dalam kriteria kurang efektif.


Full Text:

PDF

References


Fattah N. (2004) Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung

Fattah N. (2022) Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan (P.R. karya, ed) Bandung

Walidi Walidi. 2017. Kajian Pengelolaan Biaya Dalam Sistem Penganggaran. Jurnal Sistem Penganggaran Sektor Publik. Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI

Harsono, 2008. Pengelolaan Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Haryanto. E.,Suhartini, T., Rahayu.E dan Sunarjono. H. H. 2007. Sawi dan selada. Penebar swadaya. Jakarta

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Referensi

Indra Bastian. 2006. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga

Kadek Suyadnya 2014. Analisis Perencanaan dan Realisasi Anggaran dalam Evaluasi Kinerja Perusahaan UD. Vol 4, No 1 (2014) Jurnal Pendidikan UDISKHA

Lilly Ibrahim, Muh Nur Abdi, Elyang. 2020. “Analisis Perencanaan dan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja pada Kantor Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Prov. Sul-Sel Tahun 2016-2017”, Jurnal Ilmu Manajemen

Levie, W. H. and Lentz, R. 2013. Effects of text illustrations: a review of research. Educational Communication and Technology Journal

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

M.L. Jhingan (2014) Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan

Suhardan D. (2012). Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Siti Salamah (2017), Strategi Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belajar Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jurnal Ekonomics Develompent Analysis.

Supriadi, Dedi. 2004. Satuan Biaya Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya




DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.42409.22.4.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ