Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Kepatuhan Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Sei Apung

Destryni Sinaga, Lenita Waty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terhadap Kepatuhan Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Desa Sei Apung. Metode dasar dari penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan teknik angket/kuesioner. Penelitian dilakukan di Desa Sei Apung Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhan batu utara, Sumatera Utara. Teknik analisis data yang dipakai penulis yaitu regresi linier berganda. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu kesadaran wajib pajak dan pengetahuan pajak bumi dan bangunan (PBB). Variabel terikat-nya ialah kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Hasil dari penelitian ini menunjukkan kalau kesadaran wajib pajak dan pengetahuan PBB hasilnya berpengaruh terhadap Kepatuhan Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Sei Apung. Variabel yang paling berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan berdasar dari hasil uji standardized coefficient beta yaitu variabel pengetahuan PBB. Saran penulis yang bisa diberikan yaitu dengan diadakannya sosialisasi dapat membuat masyarakat mengerti dan paham mengenai pajak.


Full Text:

PDF

References


Amrul, R., Hidayanti, A. A., & Arifulminan, M. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Sanksi dan Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan-Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pada BAPENDA Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 69–89.

Bohari, I. (2022). Audit Operasional Atas Sistem Dan Prosedur Pengiriman Barang Pada Jne (Jalur Nugraha Ekakurir) Cabang Makassar.

Febrian, W. D., & Ristiliana, R. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 181. https://doi.org/10.24014/ekl.v2i1.7563

Herlina, V. (2020). Pengaruh Sanksi, Kesadaran Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Kerinci. Jurnal Benefita, 5(2), 252. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5168

Lutfi, M. A. (2022). Analisis Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Ditinjau Dari Pendapatan, Pelayanan Dan Pengetahuan Perpajakan Pada Masyarakat Di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. 9(4), 1483–1490.

Nurkholik, & Zahroh, M. (2020). Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Pidodowetan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 7(1), 18–31.

Oktavianti, T., Girsang, N. R., & Mathika Dwi Laula. (2021). Pengaruh Sanksi Pajak, Sosialisasi, Tingkat Pendapatan, Pelayanan Jasa, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Sektor Perdesaan Dan Perkotaan(Studi Kasus di Kecamatan Muko-muko Bathin VII Kabupa. JIAB (Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1(2).

Rahman, A. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Pendidikan, dan Pendapatan terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, 6(1), 1–20.

Ramadhanti, I., Suharno, S., & Widarno, B. (2020). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kota Surakarta. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 16(1), 9–21. https://doi.org/10.33061/jasti.v16i1.4405

Rika, D., & Pranaditya, A. (2019). Pengaruh Sosialisasi, Sanksi dan Pemahaman Prosedur Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi, 5(5), 1–19.

Takaria, Z. Y., & Sudjiman, L. S. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kota Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.44793.23.2.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ