PENGARUH KOMPETENSI, KOMPLEKSITAS TUGAS, TIME BUDGET PRESSURE DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH INSPEKTORAT KOTA BITUNG DIMASA PANDEMI COVID-19

Mariyanti Hamid, Andrson G. Kumenaung, Mauna Th.B. Maramis

Abstract


Inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) memiliki peran dan posisi yang strategis baik ditinjau dari aspek  fungsi-fungsi manajemen maupun dari segi pencapaian visi dan misi serta program-program pemerintah. Untuk itu APIP harus terus melakukan peningkatan dalam menjalankan tugasnya guna memberi nilai tambah bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah apalagi dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19. Objek penelitian adalah Inspektorat Kota Bitung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis atau mengetahui pengaruh kompetensi, kompleksitas, time budget pressure, gaya kepemimpinan terhadap Kinerja APIP Inspektorat Kota Bitung di masa Pandemi Covid 19. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa kompetensi, kompleksitas tugas, time budget pressure, dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja APIP Inspektorat Kota Bitung di masa Pandemi Covid 19.


Full Text:

PDF PDF

References


Budi Winarno, (2008). Kebijakan Publik, PT. Buku Kita: Jakarta. 2008.

Dwi Riski Rahmadhanty, 2020. Pengaruh Gaya Hidup Sehat, Gaya Kepemimpinan dan Time Budget Pressure Terhadap Kinerja Auditor Pemerintah.

Grindle, Merilee S.Politics and Policy Implementation in The Third world, 1980.

Kencana, Syafiie Inu. (2006) Ilmu Administrasi Publik. Jakarta, Rineka Cipta, 2006.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu (2010).Evaluasi Kinerja SDM. Bandung:PT Revika Aditama.

Noeng Muhadjir, (2000). Ilmu pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif. Yogyakarta : Raka Sarasin

Nadhiroh, Siti Asih. (2010). Jurnal Pengaruh Kompleksitas Tugas, Orientasi Tujuan, dan Self-Efficacy terhadap Kinerja Auditor dalam Pembuatan Audit Judgment (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Semarang).UNDIP.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP, 2014. Modul Diklat Auditor Muda, Kepemimpinan.

Suharto, Edi , (2005). Analisis Kebijakan Publik, Panduan Praktis mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial, 2005, Bandung Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Ridwan, (2021) Buku Ekonomi Publik 3.

Widodo, Joko.Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publisihing. 2010. Hal 96

www.padk.kemkes.go.id . Pusat Analisis Determinan Kesehatan. Hindari Lansia Dari COVID19.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kebijakan , Kamus Bahasa Indonesia.

https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-sebenarnya-pandemi-covid-19-ketahui-juga-dampaknya-di-indonesia. Apa itu sebenarnya Pandemi Covid-19? Ketahui juga dampaknya di Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35794/jpekd.45000.23.4.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN Terbitan : 1907-3593

ISSN Online : 2685-3183

google scholar : https://scholar.google.com/citations?hl=id&user=uSKiqNkAAAAJ