Analisis Kinerja Organisasi Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja organisasi menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Peneltian dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Manado. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan menggunakan metode. Sampel dalam penelitian ini ialah 40 pelanggan untuk perspektif pelanggan dan 36 pegawai untuk masing-masing perspektif proses internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Data laporan keuangan juga digunakan untuk menganalisis perspektif keuangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Manado dari perspektif pelanggan perspektif, proses internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran tergolong baik dan dari perspektif keuangan cukup ekonomis dan masih perlu meningkatkan performa rasio efisiensinya.
Kata Kunci: balanced scorecard, perspektif pelanggan, perspektif proses internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif keuangans.
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.