POLA DISTRIBUSI HUJAN JAM-JAMAN DI KOTA MANADO DAN SEKITARNYA

Haniedo P. Salem, Jeffry S. F. Sumarauw, Eveline M. Wuisan

Abstract


Dalam analisis debit banjir rencana dengan menggunakan metode hidrograf satuan sintetis, dibutuhkan hujan jam-jaman sebagai masukan. Untuk membuat hujan rencana harian menjadi hujan jam-jaman dibutuhkan pola distribusi hujan jam-jaman. Hingga saat ini Kota Manado belum memiliki pola distribusi hujan jam-jaman, dengan demikian penelitian tentang pola distribusi hujan jam-jaman sangat penting untuk dilakukan.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati dan mencermati setiap kejadian hujan yang terjadi berdasarkan data pengukuran hujan jam-jam yang diperoleh dari pos-pos hujan yang tersedia (Observed) yang kemudian dilakukan perhitungan dengan rumus-rumus statistik untuk mendapatkan persentase bobot massa hujan setiap jamnya.

Dari hasil penelitian didapatkan pola distribusi hujan jam-jaman Kota Manado dan sekitarnya dimana, hujan terjadi selama 8-10 jam dengan distribusi jam-jaman; 54% di jam pertama, 22% di jam kedua, 8% di jam ketiga, 6% di jam keempat, 3% di jam kelima, 1% di jam keenam, 3% di jam ketujuh, dan 3% di jam kedelapan. Untuk pola distribusi hujan 9 dan 10 jam distribusi hujan yang terjadi hanya berbeda pada jam kedelapan, sembilan dan sepuluh dengan dengan bobot masing-masing 1%.

Kata Kunci: pola hujan, distribusi jam-jaman, Manad

Full Text:

PDF