PENGARUH BEBAN GANDAR KUMULATIF TERHADAP PENURUNAN KINERJA JALAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN MANADO-BITUNG & RUAS JALAN BETHESDA)

Enjelina K. M. Emor, Lucia G. J. Lalamentik, Joice E. Waani

Abstract


Pergerakan barang di Indonesia yang menggunakan moda angkutan darat (jalan) berpengaruh terhadap beban lalu lintas di jalan raya sehingga mempercepat tingkat kerusakan jalan. Ruas Jalan Manado-Bitung banyak dilewati berbagai jenis kendaraan, bukan hanya kendaraan berdimensi kecil tetapi juga kendaraan berdimensi besar. Ruas Jalan Bethesda memiliki volume kendaraan yang cukup besar namun sebagian besar kendaraan yang melewati ruas jalan ini adalah kendaraan berdimensi kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar beban lalu lintas, besar penurunan kinerja jalan, serta membandingkan tingkat kerusakan kedua ruas jalan tersebut dengan menghubungkan besarnya beban lalu lintas masing-masing jalan.

Dalam penelitian ini data yang diambil dari lokasi penelitian adalah volume lalu lintas, data lendutan Benkelman Beam, serta data International Roughness Index (IRI) jalan. Analisis data dimulai dengan menghitung Cumulative Equivalent Single Axle Load (CESA) berdasarkan Bina Marga 2013, kemudian menghitung lendutan balik dari hasil pengujian dengan alat Benkelman Beam (BB) menggunakan metode Pd T-05-2005-B, serta menetukan Indeks Permukaan berdasarkan nilai IRI dengan menggunakan grafik hubungan Indeks Permukaan (IP) dan IRI yang bersumber dari National Cooperative Highway Research Program (NCHRP).

Penurunan kinerja untuk ruas jalan Manado-Bitung dan ruas jalan Bethesda hampir sama dilihat dari besarnya lendutan dan Indeks Permukaan kedua ruas jalan tersebut, walaupun ruas jalan Manado-Bitung memiliki lalu lintas yang lebih besar dengan persentase 19,2% kendaraan berat yang melintas dan sudah 2 tahun di overlay dibandingkan dengan Ruas Jalan Bethesda yang lalu lintasnya lebih kecil dengan persentase 3,7 % kendaraan berat yang melintas dan baru tahun pertama di overlay. Hal ini membuktikan bahwa kerusakan jalan tidak hanya dipengaruhi besar beban lalu lintas, melainkan juga kualitas struktur perkerasan jalan.

 

Kata Kunci: Beban Lalu Lintas, Lendutan, IRI, Indeks Permukaan

Full Text:

PDF