DAMPAK FASILITAS PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN (STUDI KASUS: JALAN SATSUIT TUBUN)
Abstract
Peningkatan volume lalu lintas akan menyebabkan berubahnya perilaku lalu lintas pada suatu ruas jalan. Jalan Satsuit Tubun merupakan jalan lokal primer di kota Manado yang memiliki volume kendaraan yang cukup tinggi setiap hari. Dimana ruas jalan ini tidak pernah sepi dari kendaraan yang setiap harinya beroperasi. Ruas jalan Satsuit Tubun juga terdapat parkir yang berada pada badan jalan (parking on street) yang mengakibatkan kapasitas jalan berubah sehingga kinerja jalan juga berubah.
Tujuan penelitian ini adalah mencari kapasitas ruas jalan akibat penggunaan badan jalan sebagai lahan parkir dengan menggunakan model hubungan matematis antara Volume, Kecepatan dan Kepadatan dan mendapatkan tingkat pelayanan/kinerja jalan akibat lokasi penelitian dengan adanya parking on street.
Kapasitas didapatkan dengan menggunakan Model Linear Greenshields, Model Logaritmik Greenberg dan Model Eksponensial Underwood yang mempunyai koefisien regresi terbesar sedangkan derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan dari ruas jalan tersebut dengan menggunakan pedoman MKJI’1997.
Kapasitas ruas Jalan Satsuit Tubun akibat adanya parkir dipinggir jalan berdasarkan model linear Greenshields didapatkan hasil sebesar 1989 smp/jam, berbeda dengan tanpa adanya parkir di pinggir jalan didapatkan hasil sebesar 2517 smp/jam. Membuat kapasitas ruas jalan menurun sebesar 21% sehingga mengurangi nilai dari kapasitas jalan. Tingkat pelayanan secara keseluruhan untuk ruas Jalan Satsuit Tubun dengan adanya parkir adalah Level of Service F yang berarti terjadi kemacetan, kecepatan rendah, arus kedatangan melebihi kapasitas, antrian panjang dan terjadi hambatan-hambatan yang besar. Dibandingkan tanpa adanya parkir kinerja jalan menjadi Level of Service C yang berarti arus stabil, kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan, nilai derajat kejenuhan masih dapat ditolerir < 0,77.
Kata Kunci: Parkir di Badan Jalan, Tingkat Pelayanan, Kapasitas