ANALISA KINERJA RUAS JALAN STADION KLABAT MANADO

Deygo Mata, Audie L. E. Rumayar, Sisca V. Pandey

Abstract


Ruas Jalan Stadion Klabat Kota Manado merupakan salah satu jalan perkotaan yang sering mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk. Kemacetan yang terjadi yang disebabkan oleh perilaku pengemudi angkutan umum, aktivitas sisi jalan dan fasilitas U-Turn (putaran balik) serta kondisi geometri jalan yang sudah mengalami kerusakan sehingga mempengaruhi kinerja ruas jalan tersebut.

Penelitian ini bertujuan mengkaji kinerja ruas jalan pada Jalan Stadion Klabat Manado berdasarkan metode yang ada pada MKJI 1997 dengan menggunakan model Greenshield.

Pengambilan data primer dilakukan di lokasi penelitian yaitu, data geometrik, volume kendaraan, kecepatan kendaraan dan hambatan samping serta data U-turn. Survey dilakukan pada masa pandemi covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Analisis menggunakan metode Greenshield untuk mendapatkan hubungan matematis antara volume, kecepatan dan kepadatan dan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) untuk kinerja jalan perkotaan.

Hasil penelitian memperlihatkan hubungan matematis untuk model Greenshield pada periode survey. Aktivitas u-turn mempengaruhi arus lalu lintas dengan nilai rasio pelayanan fasilitas bukaan median putaran balik pada beberapa jam sibuk >1,0 yang mengakibatkan terjadi antrian. Volume puncak pada ruas jalan Stadion Klabat Manado arah Timur-Barat terjadi pada hari Senin, 23 November 2020 pada pukul 10.45-11.00 sebesar 1482,2 smp/jam dan volume puncak pada ruas jalan Stadion Klabat Manado arah Barat-Timur terjadi pada hari Rabu, 25 November 2020 pada pukul 10.15-10.30 sebesar 1602,2 smp/jam. Ruas jalan Stadion Klabat Manado masuk dalam tingkat pelayanan jalan atau level of service (LOS) B, yang menandakan bahwa tingkat pelayanan ruas jalan Stadion Klabat Manado masih tergolong baik.

 

Kata Kunci: U-Turn, Greenshield, MKJI 1997, Kinerja Ruas Jalan

Full Text:

PDF