ANALISA KINERJA RUAS JALAN MANADO BYPASS TAHAP I DI KOTA MANADO

Ignatius Tri Prasetyo Samponu, Theo K. Sendow, Mecky R. E. Manoppo

Abstract


Ruas jalan Manado Bypass tahap I adalah salah satu bagian dari satu kesatuan jalan lingkar yang mengitari kota Manado dan berfungsi sebagai jalan alternatif dalam kota, juga berperan untuk mengalihkan arus lalu lintas yang melintasi kota Manado, agar tidak mengganggu kapasitas dan kinerja jalan yang ada di dalam kota Manado sendiri. Seiring dengan pertumbuhan kota Manado, terjadi juga peningkatan arus lalu lintas yang dipicu antara lain oleh pertumbuhan penduduk dan tata guna lahan. Pertumbuhan arus lalu lintas ini tidak diimbangi dengan penambahan kapasitas jalan sehingga mengakibatkan menurunnya kinerja ruas jalan ini. Selain itu banyaknya jumlah akses pada ruas jalan ini juga mempengaruhi kinerja dari ruas jalan ini. Penurunan kinerja ruas jalan Manado Bypass tahap I ini dapat dilihat dari kondisi jalan yang ada, dimana sudah terjadi kemacetan, kecepatan kendaraan yang menurun hingga kurang dari kecepatan rencana serta waktu tempuh yang meningkat.

Studi yang dilakukan dalam penelitian ini bersifat riset yang dilakukan di ruas jalan Manado Bypass tahap I selama tiga hari survey. Survey dilakukan pada dua ruas jalan pada pukul 06.00 – 21.00 dan bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan tersebut. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan MKJI 1997 untuk menghitung kapasitas dan derajat kejenuhan.

Berdasarkan hasil survey, diperoleh hasil penelitian yaitu volume (Q) puncak berkisar antara 1383 smp/jam sampai 2036 smp/jam dengan volume puncak tertinggi pada ruas jalan antara Simpang empat menuju Perkamil dan Lembaga Pemasyarakatan sampai simpang tiga menuju Maumbi. Kecepatan rata-rata berkisar pada 35,357 km/jam – 41,715 km/jam. Volume Capacity Ratio (VCR) berada pada rentang 0,555 – 0,658 dengan VCR terendah terjadi pada ruas jalan antara simpang tiga menuju Narwastu sampai simpang tiga menuju Kembes. Tingkat pelayanan (LOS) pada kedua ruas jalan identik, namun berdasarkan VCR, tingkat pelayanan terburuk terjadi pada ruas jalan antara simpang empat menuju Perkamil dan Lembaga Pemasyarakatan sampai simpang tiga menuju Maumbi dengan tingkat pelayanan C, nilai VCR 0,658, kecepatan rata-rata 35,357 km/jam dan terjadi pada hari Kamis, 29 Januari 2015.

Kata Kunci: Kinerja, Ruas Jalan, Kecepatan, LOS


Full Text:

PDF