ANALISA KELAYAKAN INVESTASI READY MIX CONCRETE DI PROVINSI SULAWESI UTARA

Marlon Hendri Thomas Wior, Robert J. M. Mandagi, Jermias Tjakra

Abstract


Semakin banyaknya bangunan-bangunan baru membuat adanya peningkatan kebutuhan beton siap pakai (Ready Mix Concrete). Dalam hal ini menarik para investor untuk melakukan bisnis investasi dalam penyedian jasa Ready Mix Concrete. Pengambilan keputusan investasi ini perlu dilakukan studi kelayakan proyek yang ditinjau dari beberapa aspek diantaranya financial, hukum, lingkungan dan sebagainya.

Dalam penelitian ini kriteria investasi yang digunakan untuk menganalisa kelayakan dan besar keuntungan investasi Ready Mix Concrete pada CV. Trimix Sulut Sejati adalah Metode Net Present Value (NPV), Metode Internal Rate of Return (IRR), Metode Break Event Point (BEP), Metode Annual Equivalent (AE) dan Metode Benefit Cost Ratio (BCR) apakah menguntungkan atai tidak.

Melalui hasil penelitian NPV memberikan keuntungan Rp. 30.529.650.911, IRR diperoleh 10,00733%, BEP terjadi pada tahun 2014 sebesar Rp. 13.265.523.349, AE memberikan keuntungan Rp. 8.743.410.352 dan BCR nilainya lebih dari 1 yaitu 1,360. Dengan demikian investasi Ready Mix Concrete CV. Trimix Sulut Sejati memberikan keuntungan dan baik untuk dilaksanakan.

Kata Kunci: Ready Mix Concrete, Investasi, Kristeria Investasi.


Full Text:

PDF