STRATEGI DINAS PERDAGANGAN PERINDUSTRIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA DALAM PENGEMBANGAN PASAR RAKYAT

Alfi Karamea, Ismail Rachman, Ismail Sumampouw

Abstract


Sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang, pasar rakyat identikdengan sebuah lokasi perdagangan yang kotor, kumuh dan semrawut. Pihak pengelolapasar terutama dari kalangan aparatur pemerintah dituntut untuk dapat mengubahkesan masyarakat yang terkesan negatif menjadi pasar yang nyaman, aman, rapih, danbersih. Jika Pasar Rakyat tersebut dikelolah dengan baik maka dapat memberikankontribusi terhadap perekonomian Daerah. Perkembangan Pasar Rakyat ini tidakterlepas dari Peran Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha KecilMenengah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Hasil Penelitian menunjukanbahwa : 1) strategi Meningkatkan Sarana Pendukung Perekonomian yaitu revitalisaipasar yang dilaksankan oleh Dinas Kabupaten belum berjalan dengan maksimal masihada sebagian pasar yang perlu diperhatikan, 2) Kondisi Sarana dan Prasarana PasarRakyat belum sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), 3) masih rendahnyakualitas sumbser daya manusia dalam pengelolaan pasar rakyat. Tujuan dari Penelitianini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Dinas Perdagangan PerindustrianKoperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara DalamPengembangan Pasar Rakyat. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitiandeskriptif, dengan mengunakan pendekatan kualitatif.

Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Pasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.