Manajemen PT. Air Manado Dalam Pengelolaan Air Bersih Di Kota Manado

Wahyu Nengsi Warsono, Sarah Sambiran, Ventje Kasenda

Abstract


Pengelolaan air secara terpadu sangat penting untuk menghasilkan air bersih bagi masyarakat, Manajemen PT. Air sangat di perlukan untuk meningkatkan kualitas PT. Air sesuai dengan visi dan misi PT. Air Manado yaitu mewujudkan manajemen yang Good Coorporate Governance serta menyediakan air bersih yang berkualitas bagi masyarakat. Peran PT. Air Manado sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam menunjang otonomi yang nyata dan bertanggung jawab belum dapat diwujudkan secara optimal, karena berbagai kendala, seperti kinerja pelayanan, motivasi kerja yang kurang, serta rentang pengambilan kebijakan yang terlalu panjang. Untuk itu perlu diperlukan perwujudan dari berbagai upaya yang selama ini telah dilakukan, baik yang menyangkut perbaikan manajemen organisasi maupun dalam manajemen penggerakan yang memberikan motivasi bagi para karyawan di PT. Air Manado. Dengan struktur yang telah dubentuk serta dipercayakannya sejumlah pegawai untuk menjalankan organisasi PT. Air Manado membawa suatu harapan pada perubahan pola pelayanan ke arah yang lebih baik yang dengan dibuktikan oleh kinerja yang baik pula. Terselesaikannya tujuan organisasi yang ditetapkan sangat ditentukan oleh faktor manusia dan sistem yang ada. manajemen yang baik diharapkan dapat menjadi media yang tepat dalam menata dan mengorganisir kerja serta orang guna menghasilkan kinerja yang maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat atau penduduk kota Manado melalui pemenuhan kebutuhan air bersih. Dalam metode penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, data yang diperoleh bersumber dari penelitian di lapangan selama kurang lebih 20 hari.
Kata Kunci : Manajemen, Air Bersih, Pelayanan Publik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.