PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PEMERINTAH KELURAHAN CALACA KECAMATAN WENANG KOTA MANADO
Abstract
Kelurahan Calaca Kecamatan Wenang Kota Manado belum optimal dalam melaksanakan pelayanan admimistrasi kependudukan ditandai banyaknya problem yang dihadapi masyarakat bila berurusan dengan birokrat dalam pengurusan segala bentuk syarat-syarat yang menyangkut dengan kependudukan seperti: Surat Keterangan Domisili, Surat Keterangan Usaha, Surat Pindah, Surat Keterangan Tidak Mampu, dan lain sebagainya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan. Dari penelitian ini dilakukan untuk menjadi suatu bahan masukan bagi Pemerintah Kelurahan Calaca Kecamatan Wenang Kota Manado. dengan menggunakan penelitian deskriptif atau studi eksplorasi, karena bertujuan menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi di lapangan, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuisioner atau angket dan dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan teknik presentase. Membuat table raw score, untuk mengidentifikasi jawaban-jawaban responden, Tabulasi hasil jawaban responden, Menghitung nilai presentasi dengan menggunakan rumus P = (F/N) x 100%. Hasil penelitian Persepsi masyarakat terhadap kinerja lurah dan aparatur Kelurahan Calaca mendapat penilaian yang cukup, kinerja lurah dan aparatnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk kepengurusan surat-surat pengantar, dan surat keterangan domisili, surat keterangan tidak mampu, mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat, walaupun masih ada beberapa warga yang mengeluhkan kualitas layanan, terutama apabila lurah sedang tidak berada di kantor, karena surat-surat tersebut belum bias ditandatangani.
Kata Kunci: Persepsi, Pelayanan, Administrasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.