KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI ELEKTRONIK GOVERMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BITUNG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik melalui penerapan e-Government di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Era Globalisasi dengan dimulainya revolusi industri 4.0 mengakibatkan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sehingga menuntut pemerintah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif dalam rangka menghadapi perubahan yang terjadi. Adapun focus penelitian ini, yang menjadi fokus penelitian ialah aspek kualitas pelayanan publik yang dikutip dari pendapat Daryanto (2014:111) yaitu: (1) Efisiensi Pelayanan, (2) Daya Tanggap Petugas, (3) Sarana dan Prasarana, (4) Semangat Kerja Sama dan Loyalitas, (5) Hubungan Antara Pimpinan dan Bawahan. Hasil penelitian menunujukkan Upaya Peningkatan kualitas pelayanan publik kepada pemohon terkait dengan kecepatan dan ketepatan pengurusan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bitung, salah satu rencana peningkatan pelayanan tersebut adalah dengan elektornik goverment yaitu pengembangan website Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil utama, Aplikasi Sepakat Balapor merupakan pelayanan lanjutan yang dibangun untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada pemohon untuk mendapatkan data dan informasi yang mereka butuhkan. Khususnya meningkatkan pelayanan secara efektif dan efisien, termasuk memperpendek jarak pemerintah dan masyarakat, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Dengan adanya sistem Aplikasi Sepakat Balapor, ketika mengurus administrasi kependudukan, masyarakat tidak perlu datang mengecek, sampai dimana prosesnya, melainkan cukup lewat short message service (SMS).
Kata Kunci :Kualitas, Pelayanan Publik, E- Goverment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.