Upaya Pedagang Online Dalam Meningkatkan Pemasaran Melalui Aplikasi Facebook Di Desa Ranoiapo Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan

Varsel Marthin Sumigar, Evelin J.R. Kawung, Shirley Y.V.I Goni

Abstract


Melihat perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, maka para penjual maupun itu pembeli tidak perlu kesusahan ataupun kesulitan untuk dapat mencari produk yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Penjualan maupun pembelian online terlebih dalam menggunakan aplikasi memang sudah banyak memberikan peluang bagi setiap pebisnis dalam usaha dengan menjual produk baik itu pakaian, kosmetik, makanan dan berbagai macam produk lainnya. Saat ini juga bisnis online melalui aplikasi facebook sudah banyak digunakan oleh para pengusaha-pengusaha untuk meningkatkan pemasaran produk yang mereka tawarkan, karena saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi facebook baik itu anak-anak bahkan sampai kepada orang tua. Dalam meningkatkan produk pemasaran adalah suatu tujuan bagi para pebisnis, karena hal ini menjadi fokus tujuan yang mereka utamakan. Hal tersebut dikarenakan berkembangnya bisnis, juga tergantung pada tingkat penjualannya termasuk pemasaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pedagang online dalam meningkatkan pemasaran melalui aplikasi facebook di Desa Ranoiapo Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan, jenis penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif berangkat dari fenomena tertentu yang ada pada situasi sosial tertentu. Laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Berdasarkan dengan hasil penelitian upaya yang dilakukan oleh pedagang online untuk meningkatkan pemasaran yaitu sebagian besar pedagang melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan pemasaran mulai dari pengembangan inovasi dengan membuat berbagai macam produk agar terlihat menarik bagi masyarakat. Bahkan dalam meningkatkan pemasaran para pedagang online selalu menjaga kualitas barang atau produk yang ditawarkan, karena ketika kualitas produk yang mereka pasarkan itu bagus akan menarik perhatian masyarakat khususnya pengguna aplikasi facebook.

 

Kata Kunci: Pedagang Online, Meningkatkan Pemasaran, Facebook

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Society ISSN 2337-4004

Jurusan Sosiologi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 

Universitas Sam Ratulangi 

Gedung A lt. 1