Analisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Dalam Pemasaran Bisnis Online Shop Di Kota Manado

Nadia Widyaputri, Evie A.A Suwu, Juliana Tumiwa

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis Pemanfaatan Aplikasi Instagram Dalam Pemasaran Bisnis Online Shop di Kota Manado. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, salah satu yang paling berkembang adalah smartphone. Hadirnya smartphone mampu menembus pasar dunia dengan pesat. Karena fitur-fitur yang memudahkan setiap orang untuk mengakses internet secara online dimanapun dan kapanpun tanpa harus membawa laptop. Meledaknya smartphone di pasar dunia tidak lepas dari strategi pemasaran dari setiap perusahaan. Komunikasi pemasaran dapat memberikan informasi kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan dan bagaimana cara memperoleh produk itu. Perkembangan tersebut hingga memunculkan aplikasi Instagram yang dapat digunakan sebagai media social dan juga wadah untuk memasarkan produk ke pelanggan secara online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif guna menjawab pertanyaan penelitian yang muncul. Dari hasil penelitian mengenai penggunaan aplikasi instagram dalam pemasaran bisnis online shop di kota manadi disimpulkan Pemanfaatan Aplikasi instagram oleh para penjual online di Kota Manado, memanfaatkannya dengan cara memperkenalkan produk jualan dan juga dapat meningkatkan omset penjualan mereka, penggunaan aplikasi instagram sangat berpengaruh terhadap jumlah penjualan harian mereka. Dengan menggunakan jasa endorsment, maka produk dengan mudah dikenal dan mendapatkan banyak followers. Penggunaan aplikasi instagram juga lebih efektif dan efesien karena banyak pengguna di Kota Manado.

 

 Kata Kunci : Analisis, Aplikasi Instagram, Bisnis Online

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Society ISSN 2337-4004

Jurusan Sosiologi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 

Universitas Sam Ratulangi 

Gedung A lt. 1