Improving Students’ Oral Competency Through Communicative Language Teaching Approach

Nurhayati Sedubun, Golda Juliet Tulung

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui
peningkatan pengajaran Bahasa Inggris terlebih khusus dalam
aspek Oral Competency dengan menggunakan pendekatan
komunikatif atau Communicative Language Teaching Approach.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research). Data dalam
penelitian ini menggunakan analisa persentase. Responden dalam
penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 2017/2018 kelas
General English 4 parallel F di salah satu perguruan tinggi yang
ada di Sulawesi Utara, yang terdiri dari 31 mahasiswa.
Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan pada
kemampuan berbicara (Oral Competency) mahasiswa pada tiaptiap
cycle. Data menunjukkan bahwa pada pre-assessment (prapenilaian)
kompetensi oral mahasiswa:
Pada Pre-assesment: 0% (excellent), 45% (very good), 45% (good)
10% (needs improvement).
Pada cycle I: 3% (excellent),68% (very good), 26% (good), 3%
(needs improvement).
Pada cycle II: 10% (excellent), 48% (very good), 39% (good), 3%
(need improvement).
Pada cycle III: 10% (excellent), 48% (very good), 42% (good), 0%
(need improvement).
Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan pendekatan
komunikatif melalui Communicative Language Teaching Approach
mampu meningkatkan kompetensi oral mahasiswa General
English 4 parallel F pada semester 1 2017/2018 di salah satu
perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Utara.
Keywords: Oral Competency, Communicative Competence.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35796/kaling.5.2.2017.24785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.