PENGARUH PENYULUHAN KEBERSIHAN TANGAN (HAND HYGIENE) TERHADAP PERILAKU SISWA SD GMIM 76 MALIAMBAO KECAMATAN LIKUPANG BARAT KABUPATEN MINAHASA UTARA

Olivia A. Kahusadi, Marjes N. Tumurang, Maureen I. Punuh

Abstract


Penyuluhan kesehatan merupakan penambahan pengetahuan dan kemampuan seseorang melalui teknik belajar untuk mempengaruhi perilaku manusia secara individu, kelompok maupun masyarakat untuk mencapai tujuan hidup sehat dengan menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sekolah dapat difungsikan secara tepat sebagai salah satu institusi yang dapat membantu dan berperan dalam upaya optimalisasi tumbuh kembang anak usia sekolah dengan upaya menanamkan perilaku hidup sehat sehingga anak sekolah berpotensi sebagai agen perubahan untuk mempromosikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat agar mereka tahu, mau dan mampu untuk memraktekan perilaku hidup sehat dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kebersihan tangan (hand hygiene) terhadap perilaku siswa sebelum dan sesudah penyuluhan di SD GMIM 76 Maliambao Kecamatan Likupang Barat. Metode penelitian menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan metode pendekatan One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung untuk pengetahuan sebelum –sesudah penyuluhan yaitu t hitung = -5,821 dengan pvalue = 0,000 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan  sebelum-sesudah dilaksanakannya penyuluhan. Sedangkan untuk sikap sebelum-sesudah penyuluhan yaitu didapatkan t hitung = -4,602 dan pvalue = 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap responden sebelum dan sesudah dilaksankan penyuluhan kesehatan tentang kebersihan tangan di SD GMIM 76 Maliambao.

 

Kata kunci :Perilaku, Cuci tangan siswa sekolah dasar

 

                                                                       

ABSTRACT

Health education is the addition of one's knowledge and abilities through learning techniques to influence human behavior individually, in groups and communities to achieve healthy living goals by instilling Clean and Healthy Life Behavior (PHBS). Schools can be functioned appropriately as one of the institutions that can help and play a role in optimizing the grow than ddevelopment of school-aged children by instilling healthy behaviors so that school children have the potential to be agents of change to promote Cleanand Healthy Behavior (PHBS) in the school environment. families, and communities so that they know, want and are able to practice healthy behaviors and play an active role in creating a healthy school. The purpose of this study was to determine the effect of hand hygiene counseling on student behavior before and after counseling at GMIM 76 Elementary School Maliambao, West Likupang District. The research method used a quasi-experimental research design with the One Group Pretest Posttest Design method. Based on the results of the data analysis, the value of t count for knowledge before counseling is t count = -5,821 with pvalue = 0,000 which means that there is a significant difference between prior knowledge and the implementation of counseling. Whereas for the pre-post counseling attitude, it is obtained t count = -4.602 and pvalue = 0,000, which means that there is a significant difference between the attitude of respondents before and after health education about hand hygien eat SD GMIM 76 Maliambao.

 

Keywords: Behavior, Wash hands of elementary school students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




My Statistic JournalStatcounter