HUBUNGAN ANTARA STATUS AKREDITASI PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KOTA MANADO
Abstract
Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan Puskesmas. Mutu pelayanan adalah sesuatu yang komplek terdiri dari lima unsur, yaitu fisik/wujud, kehandalan, tanggapan, kepastian dan empati. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan status akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien di Kota Manado. Metode penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini di lakukan di Kota Manado yaitu di Puskesmas Kombos dan Puskesmas Paniki Bawah dan waktu pelaksanaanya bulan September sampai Desember tahun 2018. Responden yaitu yang berusia ≥ 17 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah 100 sampel di Puskesmas Kombos dan 100 sampel di Puskesmas Paniki Bawah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yaitu analisis univariat, uji normalitas kolmogorov-smirnov dan analisis bivariat. Pengolahan data menggunakan uji Mann Whitney U Test dengan tingkat kemaknaan 95% (α = 0,05). Hubungan antara status akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien terlihat bahwa signifikansi p-value 0,023, maka dengan demikian hubungan kedua variabel berbuhungan. Terdapat hubungan antara status akreditasi puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien. Bagi Puskesmas Kombos dan Paniki Bawah diharapkan untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan melakukan survei kepuasan secara berkesinambungan dan juga meningkatkan kenyamanan pasien dengan fasilitas yang memadai.
Kata Kunci: Akreditasi Puskesmas, Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien
ABSTRACT
The health center accreditation is an acknowledgment of the Puskesmas provided by the accreditation organizing institution established by the Minister after it was assessed that the health center had met the health center service standards. Quality of service is something complex consisting of five elements, namely physical / form, reliability, response, certainty and empathy. The purpose of this study was to determine the relationship between the accreditation status of the health center and the level of patient satisfaction in the city of Manado. The method of this research is analytic using cross sectional research design. This research was conducted in Manado City, namely in the Kombos Health Center and the Lower Paniki Health Center and the implementation time in September - December 2018. Respondents were ≥ 17year-old. The sampling technique in this study was purposive sampling with a total of 100 samples in Kombos Health Center and 100 samples at the Lower Paniki Health Center. Data collection is done using a questionnaire. Data analysis was univariate analysis, kolmogorov-smirnov normality test and bivariate analysis. Processing data using the Mann Whitney U Test with a significance level of 95% (α = 0.05). The relationship between the accreditation status of the health center and the level of patient satisfaction shows that the significance of p-value is 0.023, so the relationship between the two variables is different. There is a relationship between the accreditation status of the health center and the patient satisfaction level. Kombos and Paniki Bawah Health Center are expected to further improve the quality of health services by conducting continuous satisfaction surveys and also increasing patient comfort with adequate facilities.
Keywords: Accreditation Of Clinics, Health Care Quality, Patient Satisfaction
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.