HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS WAWONASA KOTA MANADO
Abstract
Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Wawonasa Kota Manado mengalami penurunan setiap tahunnya, maka mutu jasa pelayanan kesehatan merupakan bagian penting yang perlu mendapat perhatian lebih. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Tempat penelitian di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Waktu penelitian Mei-Juli 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pasien rawat jalan di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data berupa univariat dan bivariat, uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan mutu jasa pelayanan kesehatan terdiri dari Reliabilitas baik (50%), cukup baik (44%), kurang baik (6%). Daya tanggap baik (49%), cukup baik (36%), kurang baik (15%). Empati baik (65%), cukup baik (30%), kurang baik (5%). Jaminan baik (54%), cukup baik (42%), kurang baik (4%). Bukti fisik baik (83%), cukup baik (14%) kurang baik (3%). Hasil dari penjabaran dimensi mutu jasa pelayanan kesehatan yang terdiri dari reliabilitas, daya tanggap, empati, jaminan dan bukti fisik maka secara keseluruhan diperoleh hasil (60%) dan dalam kategori baik kepuasan pasien (9%) dan kategori cukup puas sebesar (75%) dalam kategori puas. Pada uji statistik mutu jasa pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien diperoleh hasil p value =0,005. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wawonasa Kota Manado.
Kata Kunci : Mutu jasa Pelayanan, Kepuasan Pasien
ABSTRACT
The number of outpatient visits at Puskesmas Wawonasa City of Manado have decreased every year, so that the quality of health service is an important part that needed more attention. The purpose of this study was to know the relationship between the quality of health care services with outpatient satisfaction in the Puskesmas Wawonasa Manado City. This research used analytical survey method by using cross sectional study approach. The study is conducted, at Puskesmas Wawonasa City of Manado. The time of the research is from to May-July 2018. The sample in this research are 100 outpatients in Puskesmas Wawonasa Manado City. The research instrument used questionnaire. Data analysis was univariate and bivariate,statistical test using chi-square test. The results showed the quality of health services consisted of good Reliability (50%), fairly good (44%), less of good (6%). Good responsiveness (49%), fairly good (36%), less of well (15%). Good empathy (65%), fairly good (30%), less of good (5%). Good assurance (54%), fairly good (42%), less of good (4%). Good tangible (83%), good enough (14%) less of good (3%). The results of the elaboration of the dimensions of quality health services consisting of reliability, responsiveness, empathy, assurance and tangible then the overall results obtained (60%) and in the good category of patient satisfaction (9%) and the category sufficient of patient satisfaction ( 75%). On statistical tests, the quality of healthcare services and patient satisfaction results p value = 0.005.The conclusion of this study there is a relationship between the quality of health services and the satisfaction of outpatient Puskesmas Wawonasa City of Manado.
Keywords: Quality of Service, Patient Satisfaction
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.