HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DOKTER PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TINGKAT III MANADO
Abstract
Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi. Komunikasi merupakan suatu proses menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui hubungan antara komunikasi verbal dan nonverbal dokter pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini merupakan jumlah pasien rawat inap pada bulan Januari – Juli tahun 2019 yaitu 4.897 pasien. Besar sampel pada menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan sumber data dengan pertimbangan tertentu yaitu sesuai kriteria inklusi dan eksklusi dan mendapatkan hasil 100 responden. Analisis hubungan tiap variabel menggunakan uji statistik chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% nilai a = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara komunikasi verbal dengan kepuasan pasien dengan niali p = 0,012 (p value < 0,05) nilai OR = 4.872 dan ada hubungan antara komunikasi nonverbal dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,000 (p value < 0,05) nilai OR 26.308.
Kata Kunci: Komunikasi verbal, nonverbal dan kepuasan pasien.
ABSTRAK
Patient satisfaction is an indicator of success in providing health services to the community. One of the factors that influence patient satisfaction is communication. Communication is a process of conveying a message from the sender to the recipient of the message. The purpose of this study is to determine the relationship between verbal and nonverbal communication of the patient's doctor and the satisfaction of inpatients at Bhayangkara Hospital Level III Manado. This type of research is a type of analytic survey research with cross sectional approach. The implementation of which was carried out in August - September 2019. The population in this study is the number of inpatients in January - July 2019, which is 4.897 patients. The sample in the study using the Purposive Sampling technique, which is a sampling technique based on data sources with certain considerations that is according to the inclusion and exclusion criteria. There was a relationship between vebal communication and patient satisfaction with a value of p = 0.012 (p value < 0.05) OR value = 4.872, and there was a relationship between nonverbal communication with patient satisfaction with a value of p = 0,000 (p value < 0.05) OR value of 26.308.
Keywords: Verbal communication, Nonverbal, Patient Statisfactio
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.