GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS POOPO KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Abstract
Pelayanan kesehatan merupakan suatu upaya yang diselenggarakan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama sangat penting dalam melakukan pencegahan dan pengendalian Covid-19, sehingga perlu adanya penyesuaian-penyesuaian dalam proses pelayanan kesehatan. Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Poopo Kabupaten Minahasa Selatan dengan menggunakan metode kualitatif dan wawancara mendalam yang diambil 8 informan. Analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu pada pelayanan Puskesmas pada masa pandemi di Puskesmas Poopo terdapat perbedaan pada saat sebelum pandemi yaitu adanya pembagian petugas, memiliki perubahan alur pada saat masuk terdapat proses triase, waktu tunggu yang lebih cepat dalam proses pemeriksaan dan adanya pemeriksaan Covid-19 yang diberikan Puskesmas yaitu rapid-test dan swab test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Puskesmas Poopo sudah melakukan penyesuaian-penyesuaian pelayanan kesehatan serta terdapat pemeriksaan pemeriksaan Covid-19. Saran kepada pihak Puskesmas adalah kiranya selalu dapatmengembangkan pelayanan kesehatan dan dapat melakukan pelayanan yang lebih baik pada masa pandemi ini.
Kata kunci : pelayanan kesehatan, pandemi covid-19, Puskesmas Poopo
ABSTRACT
Health service is an effort organized by the First Level Health Facility which aims to maintain and improve public health. The role of First Level Health Facilities is very important in preventing and controlling Covid-19, so adjustments are needed in the health service process. Covid-19 is a disease caused by the Novel Coronavirus. This study aims to determine the description of health services during the Covid-19 pandemic at the Poopo Health Center, South Minahasa Regency using qualitative methods and in-depth interviews taken by 8 informants. Data analysis used source triangulation and method triangulation. The results of the study obtained were that in the Puskesmas services during the pandemic at the Poopo Health Center there were differences before the pandemic, namely the distribution of officers, having a change in the flow at the time of entry, there was a triage process, a faster waiting time in the examination process and the Covid-19 examination which was carried out. given by the Puskesmas, namely rapid-test and swab test. The conclusion of this study is that the Poopo Health Center has made adjustments to health services and there is a Covid-19 examination. Suggestions to the Puskesmas are to always be able to develop health services and be able to provide better services during this pandemic.
Keywords: health services, covid-19 pandemic, Poopo Health Center
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.