PENGARUH STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DI BISNIS RITEL (STUDI PADA INDOMARET DAN ALFAMART, MANADO)

Stanss Levynna Hermien Verronica Joyce Lapian

Abstract


Bisnis Ritel secara umum adalah kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa untuk konsumsi langsung atau tidak langsung. Dalam mata rantai perdagangan bisnis ritel merupakan bagian terakhir dari proses distribusi suatu barang atau jasa dan bersentuhan langsung dengan konsumen. Bisnis Ritel di Indonesia secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu, ritel modern dan ritel tradisional. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap perilaku konsumen ritel minimarket, mengidentifikasi strategi-strategi keunggulan bersaing bisnis dan menguji pengaruh strategi keunggulan bersaing ritel minimarket di Indonesia, khususnya di Kota Manado. Penelitian yang bersifat explanatory research ini dilakukan pada gerai Indomaret dan Alfa Mart, di Manado selang Tahun 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi bauran pemasaran yang selama ini dibangun oleh Indomaret dan Alfamart adalah tepat sebagai strategi bersaing. Dalam hal keputusan beli yang dilakukan oleh konsumen, faktor yang paling mempengaruhi keputusan beli konsumen, yakni; tingkat keseringan berbelanja dan tingkat besarnya dana yang dibelanjakan dan faktor penampilan fisik.

Kata Kunci: Strategi Competitive Advantage, Perilaku Konsumen, Ritel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.