Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Yahama Dimasa Pandemi CoViD-19 Pada PT. HASJRAT ABADI YAMAHA Samrat Manado

Jimmy Pemberian Papalapu, Silvya L. Mandey, Maria V.J. Tielung

Abstract


Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran yang di dalamnya terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik yang di terapkan PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado dapat meningkatkan penjualan motor Yamaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan sample karyawan dan pelanggan PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado berupa bauran pemasaran yang di dalamnya terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik berdampak dalam meningkatkan penjualan Yamaha. PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado sebaiknya memelihara dengan benar bauran pemasaran yang sudah di terapkan. Strategi yang digunakan perusahaan PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado sudah baik, akan lebih baik apabila perusahaaan terus meningkatkan strategi–strateginya melihat saat ini sudah banyak kompetitor lain yang mengeluarkan produk yang hampir sama dengan Yamaha, ini merupakan ancaman bagi perusahaan untuk meningkat penjualan motor Yamaha.

 

Kata Kunci: strategi pemasaran, bauran pemasaran, fenomenologi

 

Abstract: PT. Hasjrat Abadi is a Yamaha main dealer in north sulawesi. The purpose of this research is to know whether the marketing strategy is a marketing mix that consists of product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence applied by PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado can increase sales of Yamaha. This research is qualitative research using a phenomenological approach, taking data using interviews and observations with a sample of employees and customers of PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado. Research results showed that the marketing strategy applied by PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado in the form of a marketing mix consisting of product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence have an impact on increasing sales of Yamaha. PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado must properly maintain the marketing mix already in place. The strategy used by PT. Hasjrat Abadi Yamaha Samrat Manado is feasible, it would be better if the company continues to improve its strategies to see regarding lot other competitors who issued motor product that is almost the same as Yamaha product, this is a threat for the company to increase sales of Yamaha.

 

Keywords: marketing strategy, marketing mix, phenomenology


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.