PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE PADA TOKOPEDIA.COM DI DESA NOONGAN,KECAMATAN LANGOWAN BARAT
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian e-commerce pada Tokopedia.com di noongan kec.langowan barat. (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian e-commerce pada Tokopedia.com di noongan kec.langowan barat.(3) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian e-commerce pada Tokopedia.com di noongan kec.langowan barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (google form). Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 3081 penduduk di desa noongan kecamatan lagowan barat dan jumlah sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus slovin dan mendapatkan sebanyak 97 responden ini merupakan pengguna e-commerce tokopedia.com di Noongan kecamatan Langowan Barat. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara uji parsial diperoleh (1) Kepercayaan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (2) Persepsi resiko berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil pengujian simultan (Uji f) menunjukkan bahwa Kepercayaan dan Persepsi Resiko berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.
Kata Kunci: Kepercayaan, Persepsi resiko, Keputusan Pembelian
Abstract: This study aims (1) to determine the effect of trust on e-commerce purchasing decisions at Tokopedia.com in Noongan, West Langowan District. (2) To determine the effect of Perceived Risk on e-commerce purchasing decisions at Tokopedia.com in noongan kec.langowan barat. (3) To determine the effect of trust and Perceived Risk on e-commerce purchasing decisions at Tokopedia.com in noongan kec.langowan barat. The research method used is a quantitative method. Collecting data used in this study using a questionnaire (google form). The total population in this study was 3081 residents in the village of Noongan, West Lagowan sub-district and the number of samples in this study was calculated using the Slovin formula and obtained as many 97 respondents is a Tokopedia.com e-commerce user in Noongan, West Langowan sub-district. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results showed that the partial test obtained (1) Trust has an effect but not significant on Purchase Decisions. (2) Perceived Risk has a significant effect on Purchase Decisions. Based on the results of simultaneous testing (Test f) shows that Trust and Perceived Risk have a effect on Purchase Decisions
Keyword: Trust, Perceived Risk, Purchase Decision