Pengaruh Profitabilitas, Beban Iklan dan Kompensasi Rugi Fiskal Terhadap Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2017-2021

Novita Tia Karundeng, Jessy D.L. Warongan, Syermi S.E. Mintalangi

Abstract


Agresivitas pajak adalah suatu tindakan melalui perencanaan pajak yang bertujuan untuk mengurangi penghasilan kena pajak. Perbedaan kepentingan antara negara dan perusahaan membuat perusahaan akan mencari cara untuk meminimalkan biaya pajak yang akan dibayar, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan melakukan agresivitas pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, beban iklan dan kompensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak. Data diperoleh dari laporan keuangan tahunan sektor konsumsi barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah dengan purposive sampling dengan hasil 77 sampel (terdiri dari 20 perusahaan selama 5 periode dan dikurangi dengan 23 data outlier). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, beban iklan berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dan kompensasi rugi fiskal tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak.

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Profitabilitas, Beban Iklan, Kompensasi Rugi Fiskal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.