Analisis Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Atas Gaji Karyawan Tetap Pada Hotel Sutanraja Manado

Don Juan Jacobs Langkedeng, Don Juan Jacobs Langkedeng

Abstract


Abstrak: Perpajakan dalam suatu perusahaan merupakan hal yang tidak dapat dihindari dari kegiatan oprasional perusahan dan merupakan kewajiban untuk melaksanakan perpajakan yang telah ditetapkan. Salah satu jenis pajak yang ditetapkan pemerintah adalah PPh Pasal 21, menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan adalah pajak atas perolehan berupa gaji, upah, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk pegawai tetap pada Hotel Sutanraja Manado sesuai dengan UU No.36 Tahun 2008, PMK No. 101/PMK.010/2016, dan peraturan Direktur Jendral Pajak No.PER-16/PJ/2016. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada penempatan pengurangan untuk penentuan gaji bersih karyawan perusahaan tetapi hal tersebut tidak berpengaruh dalam penentuan besaran pajak penghasilan pasal 21 karyawan.

Kata kunci Undang-Undang Perpajakan,Pajak Penghasilan, Pajak Penghasilan Pasal 21.

Abstract: Taxation in a company is something that cannot be avoided from the company's operational activities and is an obligation to carry out the taxation that has been determined. One type of tax set by the government is Income Tax Article 21, according to Law Number 36 of 2008 concerning Income Tax, which is a tax on income in the form of salaries, wages, allowances and other payments in any name and form in connection with work or position, services, and activities carried out by domestic individual taxpayers. This study aims to determine the calculation of Income Tax Article 21 for permanent employees at Hotel Sutanraja Manado in accordance with Law No. 36 of 2008, PMK No. 101/PMK.010/2016, and Director General of Taxes Regulation No.PER-16/PJ/2016. The data analysis method used is a qualitative descriptive method. The results of this study indicate that there is a difference in the placement of deductions for determining the net salary of company employees but this does not affect the determination of the amount of income tax article 21 for employees.

Keyword : Tax Law, Income Tax, Income Tax Article 21


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.