KINERJA APARAT SIPIL NEGARA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DI KANTOR CAMAT PULAU BATANG DUA KOTA TERNATE

Terry Vadly Kuadang

Abstract


ABSTRAK

Dalam menjalankan tugasnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan memiliki standar pelayanan prima sesuai kebutuhan masyarakat. Standar pelayanan prima ini tidak cukup hanya bermodalkan pengalaman tetapi benar-benar didukung oleh kinerja profesional di lingkungannya masing-masing. Berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, fungsi utama pemerintah daerah adalah sebagai pelayan masyarakat dalam rangka meningkatkan koordinasi penyelenggaraan pemerintah, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat. Namun pada kenyataannya kinerja dari ASN hingga kini masih banyak yang belum menunjukan kinerja yang baik seperti yang diharapkan. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini akan mendeskripsikan kinerja ASN, khususnya di kantor Camat Pulau Batang Dua Kota Ternate, dengan menggunakan konsep yang dikemukakan oleh Bernardin dan Russel (2005:67) yang menetapkan pengukuran kinerja, yaitu dengan melihat kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektifitas, dan kemandirian serta komitmen kerja. Temuan penelitian menggambarkan kinerja ASN yang ada di kantor Camat Pulau Batang Dua Kota Ternate, jika dilihat dari indicator tersebut masih menunjukan kinerja yang kurang baik atau dapat dikatakan jauh dari harapan.

 

Kata Kunci: Kinerja; ASN; Pelayanan Publik

 

 

ABSTRACT

In carrying out their duties, the State Civil Apparatus (ASN) is expected to have excellent service standards according to community needs. This excellent service standard is not sufficient only with experience but also supported by professional performance in their respective environments. Based on Law Number 23 of 2014 concerning Regional Government, the main function of local government is as a public servant in order to improve coordination of government administration, public services, and community empowerment. However, in reality the performance of these ASNs is still not showing the good performance as expected. By using a qualitative method, this research will describe the performance of ASN, especially in the office of the Head of the Pulau Batang Dua Sub-district, Ternate City, using the concept proposed by Bernardin and Russel (2005: 67) which determines performance measurement, namely by looking at quality, quantity, timeliness. , effectiveness, and independence and work commitment. The research findings describe the performance of ASN in the office of the Head of the Pulau Batang Dua Sub-district, Ternate City, when viewed from this indicator it still shows poor performance or can be said to be far from expectations.

 

Keywords: Performance; ASN; Public service

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


POLITICO: Jurnal Ilmu Politik

FISIP UNSRAT