KUALITAS PELAYANAN BADAN PERTAHANAN NASIONAL KOTA BITUNG DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan pertanahan di Kota Bitung sampai saat ini masih kompleks. Dengan menggunakan metode kualitatif penelitian ini akan melihat bagaimana kualitas pelayanan Badan Nasional Kota Bitung dalam menjalankan salah satu tugas pokok dan fungsinya yaitu pembuatan sertifikat tanah. Temuan penelitian menggambarkan bahwa kualitas pelayanan di Badan Pertanahan Nasional Kota Bitung dapat dikatakan masih sangat rendah. Hal itu terlihat dari banyaknya keluhan masyarakat sebagai penerima layanan khususnya dalam pembuatan sertifikat tanah. Yang paling banyak disorot oleh masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang ada di Badan Pertanahan Nasional Kota Bitung adalah responsifitas dan kedisiplinan dari para pegawai yang ada di Badan Pertanahan Nasional Kota Bitung.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; BPN
ABSTRACT
Until now, land issues in Bitung City are still complex. By using a qualitative method, this research will see how the service quality of the National Agency for Bitung City in carrying out one of its main tasks and functions, namely making land certificates. Research findings illustrate that the quality of service at the National Land Agency of Bitung City is still very low. This can be seen from the many complaints from the community as service recipients, especially in making land certificates. The most highlighted by the community regarding the quality of services available at the Bitung City National Land Agency is the responsiveness and discipline of employees in the Bitung City National Land Agency.
Keywords: Service Quality; BPN
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
POLITICO: Jurnal Ilmu Politik
FISIP UNSRAT