EFEKTIFITAS KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN 2019 DI KELURAHAN KAWANGKOAN BAWAH

Gabriella S. Worotikan

Abstract


Penelitian ini mengkaji apakah kampanye dapat mempengaruhi pilihan masyarakat pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di Kelurahan Kawangkoan Bawah. Dengan menggunakan metode kualitatif (Sugiyono, 2015), dan pendekatan yang dikemukakan oleh Nimmo (2011) tentang media kampanye. Temuan penelitian menggambarkan bahwa factor-faktor yang mempengaruhi pilihan masyarakat pada saat pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019, khususnya di Kelurahan Kawangkoan Bawah, yaitu adanya politik uang, sehingga para oknum tim sukses masih mengandalkan politik uang atau suap ke masyarakat jelang hari pencoblosan untuk menarik simpati masyarakat. Selain itu kampanye melalui social media atau menggunakan sosial media facebook, cukup efektif memberikan informasi ke masyrakat tentang pemilu dan juga cukup cepat menarik simpati masyarakat.

 

Kata Kunci: Efektifitas; Kampanye

 

 

ABSTRACT

This study examines whether the campaign can influence people's choices in the 2019 presidential and vice presidential elections in Kawangkoan Bawah Village. By using qualitative methods (Sugiyono, 2015), and the approach proposed by Nimmo (2011) about campaign media. The research findings illustrate that the factors that influence people's choices during the 2019 Presidential and Vice Presidential elections, especially in the Kawangkoan Bawah Village, namely the existence of money politics, so that the elements of the successful team still rely on money politics or bribes to the public ahead of voting day to attract public sympathy. In addition, campaigns through social media or using social media Facebook, are quite effective in providing information to the public about elections and also quickly attracting public sympathy.

 

Keywords: Effectiveness; Campaign

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


POLITICO: Jurnal Ilmu Politik

FISIP UNSRAT