Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SDN Sari 1 Kelas V Kecamatan Gajah Kabupaten Demak

Budi Setyani, Murtono Murtono, Slamet Utomo

Abstract


Keberhasilan pencapaian hasil belajar sesuai nilai ketuntasan dalam proses belajar mengajar merupakan indikator bahwa siswa mampu menyerap ilmu yang didapat dengan baik. Untuk meningkatkan hasil belajar dituntut adanya sinergi antara kurikulum, guru, siswa, bahan ajar, media, fasilitas, dan sistem pembelajaran yang menjadikan hasil belajar dapat tercapai secara maksimal.  Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan tehnik penelitian melalui tes. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design, dimana sebagai kelas eksperimen model pembelajaran PBL adalah SDN Sari 1 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran problem based leaning terhadap hasil belajar matematika, siswa mampu mencapai rata rata kelas sebesar 83 dan ketuntasan belajar  100%. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi Jarak, Waktu, dan kecepatan kelas V SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak, oleh sebab itu guru perlu meningkatkan kualitasnya agar dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, serta menggunakan model pembelajaran yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat.


Full Text:

PDF

References


Adam, Stephen. 2007. An Introduction to Learning Outcomes-A Consideration of the Nature, Function and Position of Learning Outcomes in the Creation of the European Higher Education Area. http://www.Introducing Bologna Objectives and Tools. Diunduh tanggal 12 Januari 2020.

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Bagaimana pendidik memberdayakan pemelajar di era pengetahuan. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Arends, Richard, 2008. Belajar untuk mengajar. Edisi ke tujuh alih bahasa oleh Helly Prayitno dan Sri Mulyantani Prayitnodari judul Learning to Teach. Seven edition. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penilaian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bajaj Preeti, Ahuja Ashish, Gosavi Shriram. (2013). Problem Based Learning (PBL) An Effective Approach to Improve Learning Outcomes in Medical Teaching. Journal of Clinical and Diagnostic Research, Vol 7(12): 2896-2897.

Brian R. Belland , Brian F. French, Peggy A. Ertner. 2009. Validity and Problem Based Learning Research: A Review of Instruments Used to Assess Learning Outcomes. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learninf, Vol 3, No1.

D Yuliati 2017. Problem-Based Learning Model Used to Scientific Approach Based Worksheet for Physics to Develop senior High School Students Characters, Journal of Physics: Conference Series 824(2017)012009. httpsiopscience.iop.orgarticle10.10881742-65968241012009pdf. Diunduh tanggal 19 April 2020

Dani Firmansyah. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, Vol 3, No 1, hlm 34-44. ISSN 2338-2996.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Elaine H.J Yew, Karen Goh. 2016. Problem Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education 2, Hlm 75-79. www.sciencedirect.com. Diunduh tanggal 19 April 2020

Gd. Gunantara, Md. Suarjana, Pt. Nanci Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal mimbar, vol 2 No 1,https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/2058/1795. Diunduh 4 September 2019.

Hamruni, 2009. Strategi Pembelajaran. Intan Madani: Yogyakarta.

Heri Mulyanto, Gunarhadi, Mintasih Indriayu. 2018. The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thingking Skills. International Jurnal of Educational Research Review, Vol 3, No 2, Hlm 37-45. http://iojet.org/index.php/IOJET/article/view/392/253. Diunduh tanggal 19 April 2020.

http://www.scadindependent.org/2015/05/peuradeun-745-1432662101.html.. Diunduh tanggal 19 April 2020.

Krathwohl, David R. 2002. “A revision of Bloom’s Taxonomy: an overview Theory into practice” Jurnal College of Education The Ohio State University, 41(4): 212-264.

Mark A. Albanese, Laura Dast. 2014. Problem Based Learning: Outcomes Evidence From the Healt Professions. Journal on Excellence in Collage Teaching, 25(3&4), 239-252.

Muhammad Fachri Baharuddin Paloloang. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol 2, No 1.

Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif (Student Center Learning). Ponorogo: WADE Group.

Peter Rillero, Malissa Tabault, Joi Merrit dan Margarita Jimenez-Silva. 2018. Bears in a boat: Science content and language development through a problem-based learning experience. Journal Science Activities Projects and Curriculum Ideas in STEM Classroom, vol 55, hlm1-2. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00368121.2017.1406323. Diunduh 4 September 2019. Diunduh tanggal 12 Januari 2020.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, Vol 4, No 2, Hlm 105-116, https://media.neliti.com/media/publications/122494-ID-pengaruh-model-problem-based-learning-te.pdf. Diunduh 4 September 2019. Diunduh tanggal 12 Januari 2020.

Rizky Vaira, Andriana Palimbo, Susanti Suhartati. 2017. Contextual Learning And Learning Effectiveneess Based On Problems With Learning Results Under The Neonatal Baby And Toddlers Care in Sari Mulia Midwifery Academy Banjarmasin. 2nd Sari Mulia International Conference on Health and Science. Advances in Healt Science Research Vol 6.

Safrina1 and Saminan. 2015. The Effect of Model Problem Based Learning (PBL) (Case Study at Class VIII MTsN Meureudu), Jurnal Ilmiah PeuradeunInternational Multidisciplinary Journal Artc. OAJI ID: 745-1432662101

Selcuk, Gamze Sezgin (2010). The effects of problem-based learning on pre-service teachers’ achievement, approaches and attitudes towards learning physics. international Journal of the Physical Sciences Vol. 5(6), pp. 711-723, June 2010 https://pdfs.semanticscholar.org/dba6/41e9e71f401bea471a5cca87 2b95a5748921.pdf.

Strobel, Johannes Angela van Barneveld. 2009. When is PBL More Effective? A Meta-synthesis of Meta-analyses Comparing PBL to Conventional Classroom. Advances in Health Science Research, volume 6. 2nd Sari Mulia International Conference on Health and Sciences (SMICHS 2017).

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumartini, Tina Sri (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1, April 2015 hal. 1-10. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv4n1_1/244.

Utami, Putri Rizky dkk (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pembelajaran Brbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi dan Self Efficacy JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) hal 300 - 315 http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6221/pdf_7.

Utaminingsih Sri, dkk (2015) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri Pasuruhan Pati. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan 5. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/ article/view/451 hlm 1-7. Diunduh tanggal 15 September 2018.

Wulandari, Bekti dan Hermawan Dwi surjono. 2013. Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1600. Diunduh 4 September 2019. Diunduh tanggal 12 Januari 2020.




DOI: https://doi.org/10.35799/vivabio.2.1.2020.28803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.