VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin

Program Kemitraan Masyarakat Pemasaran Homestay di Desa Marinsow Kabupaten Minahasa Utara

Jefrey Ignatius Kindangen, Heilbert Armando Mapaly, Johansen Cruyff Mandey

Abstract


Desa Marinsow terletak di Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara memiliki potensi wisata pantai; merupakan salah satu desa dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Likupang sekaligus sebagai KEK Pariwisata. Kementerian PUPR telah melakukan program peningkatan kualitas rumah swadaya yang mendukung pembangunan pondok wisata (homestay) dan fasilitas jasa wisata lainnya di desa ini yakni pembangunan 60 homestay. Pembangunan homestay di desa Marinsow dilaksanakan tahun anggaran 2020, dan telah beroperasi mulai tahun 2021, tujuannya sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pemerintah kabupaten dan propinsi diminta terlibat dalam keberlanjutan program untuk menyediakan infrastruktur penunjang, demikian juga dari pihak perguruan tinggi diharapkan memberikan kontribusi yang nyata. Masalah yang dihadapi masyarakat adalah kesiapan masyarakat melayani tamu dengan baik, persoalan penataan kawasan, serta pemasaran homestay mereka. Untuk mempersiapkan kelompok masyarakat pemilik homestay dan tentunya juga kawasan wisata itu dilakukan penyuluhan dan pelatihan yang berhubungan dengan pemasaran melalui media elektronik, ini merupakan strategi yang diusulkan, juga merupakan usulan solusi yang diharapkan masyarakat dan pemerintah setempat dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam manajemen usaha, menata kawasan wisata dan memasarkan secara moderen homestay dan potensi wisata pantai mereka. Ada 53% homestay yang mau menerima dan merasa bermanfaat dengan kegiatan ini, diusulkan perlu pendampingan yang berkesinambungan.


Full Text:

PDF

References


Heath, Ernie dan Geoffrey, 1992, Marketing Tourism Destination A Strategic Planning Approach, John Willey & Sons, Inc., New York.

Kasali, R. 2017. Disruption, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kementerian PUPR. 2020, Pedoman KSPN, KemenPUPR, Jakarta.

Nyoman Sudiarta, I Wayan Suardana. 2015. Usaha Pemasaran Pariwisata (Model Destinasi Pariwisata), Panduan Bagi Pemasar Destinasi Pariwisata, Konsorsium Riset Pariwisata Universitas Udayana, Denpasar.

Peraturan Menteri Pariwisata RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Fisik bidang Pariwisata, Jakarta.

Urama, Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata (Tourism Marketing), Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mandey, M., Tambani, G.O., Pangemanan, J.F., Rarung, L.K., Rantung, S.V. 2022, Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Wisata Pantai Pall di Desa Marinsow Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara, Akulturasi: jurnal ilmiah agrobisnis perikanan 10(2): 12-19

Primadany, S.R., Mardiyono, R. 2013. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Daerah (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk). Jurnal Administrasi Publik (JAP) 1(4):135-143

Waworuntu, S., Herlambang, S. 2019. Penataan Kawasan Wisata Pantai Pangumbahan dengan Konsep Ekowisata, Jurnal Stupa 1(2). DOI: 10.24912/stupa.v1i2.4600

http://marinsow.desa.id/ (akses 3 Agustus 2022)

https://profil.digitaldesa.id/marinsow-minutkab/berita/kunjungi-marinsow-sandiaga-uno-tegaskan-peran-desa-wisata-untuk-ekonomi-kreatif (akses 16 Juli 2022)

https://www.detik.com/tag/desa-wisata-marinsow (akses 2 Juli 2022)

https://www.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/oyo-91101-homestay-desa-wisata-marinsow-9000000986623 (akses 23 Juli 2022)




DOI: https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i3.43680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.