Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDM Lambanapu

Anita Tamu Ina

Abstract


Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang terkena dampak pandemi Covid-19. Sistem pembelajaran online pun menjadi satu-satunya pilihan di daerah terdampak Covid-19. Salah satu aplikasi media pembelajaran yang digunakan di masa pandemi ini adalah Google Classroom. Namun, belum semua sekolah dasar khususnya di Kabupaten Sumba Timur menggunakan media pembelajaran online tersebut karena keterbatasan pemahaman teknologi para tenaga pendidik. Oleh karena itu, pelatihan pemanfaatan aplikasi media pembelajaran online Google Classroom akan membantu para guru untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode tutorial dan praktik langsung. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di SD Masehi Lambanapu. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah seluruh peserta pelatihan yang berjumlah 8 orang guru di SD Masehi Lambanapu merasa sangat puas dan dapat memahami materi pelatihan dengan baik yang dapat mereka aplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ina, A. T. ., Enda, R. R. H., Lalupanda, E. M., Bano, V. O., Taranau, O. K., Ndjoeroemana, Y. ., Makaborang, Y., Eli, T. E., Kalli, J. M., Siwu, I. B. A., & Arifudin, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom dan Google Meet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negeri 2 Kanatang . Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1099–1104. https://doi.org/10.54082/jamsi.362

Kasdiah. 2020. https://sulteng.kemenag.go.id/berita/detail/dampak-pembelajaran-online-di-wilayah-terpencil (akses 4 November 2022).

Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social Media as a Tool in Higher Education :, (July), 238–253. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-0238-9.ch016

Moore, J. L., Dickson-deane, C., dan Galyen, K. (2010). Internet and Higher Education e-Learning , online learning , and distance learning environments : Are they the same ?, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001




DOI: https://doi.org/10.35799/vivabio.v5i1.44931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.