Kontribusi Perempuan terhadap Pendapatan Keluarga Nelayan di Desa Kumu Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa

Authors

  • Olvie V. Kotambunan Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Grace O. Tambani Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia
  • Swenekhe S. Durand Sam Ratulangi University, Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35800/akulturasi.v12i1.57339

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to determine the amount of women's income in the family and how much women's contribution to family income in Kumu Village, Tombariri District, Minahasa Regency.

The research method used in this study is the survey method. Respondents in this study were women who worked as retailers. Data collection was carried out by family sampling, namely taking a portion of the population that met the criteria. The data collected were primary data and secondary data. Primary data is data collected and processed by the researcher directly from the subject or object of the study, in this case women who work as retailers in Kumu Village, Tombariri District, Minahasa Regency through direct observation, interviews and questionnaires.

Based on the results of the calculation of the contribution of women's income as intermediary traders, it was 47.34%. This income comes from work done by housewives with professions as traders; petibo, stalls, kiosks, smoked fish and salted fish traders. The contribution given by housewives to their families is very large and of course greatly helps the family's economy.

Keywords: fishing families; women; income; contribution

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah mengetahui jumlah pendapatan perempuan dalam keluarga dan berapa besar kontribusi perempuan terhadap pendapatan keluarga di desa Kumu Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Responden dalam penelitian ini ialah perempuan yang bekerja sebagai pedagang pengecer. Pengambilan data dilakukan secara sampling keluarga yaitu mengambil sebagian dari populasi yang sesuai dengan kriteria. Data yang dikumpulkan ialah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti langsung dari subjek atau objek peneleitian yang dalam hal ini perempuan yang bekerja sebagai pedagang pengecer di Desa Kumu Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa dengan observasi langsung, wawancara dan kusioner.

Berdasarkan hasil perhitungan kontribusi pendapatan perempuan sebagai pedagang perantara sebesar 47,34%. Pendapatan ini berasal dari pekerjaan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan profesi sebagai pedagang; petibo, warung, kios, pedagang ikan asap dan ikan asin. Kontribusi yang diberikan oleh ibu rumah tangga terhadap keluarganya sangat besar dan tentunya sangat membantu perekonomian keluarga.

Kata kunci: keluarga nelayan; perempuan; pendapatan; kontribusi

References

Arfida, 2002 Ekonomi Sumberdaya Manusia. Ghalia Indonesia, Malang.

Beattie, B.R., dan Taylor, C.R., 1994 Ekonomi Produksi. Universitas Gadjah Mada Press Yogyakarta.

Elfindri, 2003. Ekonomi Ketenagakerjaan. Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang.

Faodji, 2015. Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi. Studi Tentang Peran Perempuan.

Farida, 2011. Kontribusi Pendapatan Perempuan Bekerja di Sektor Informal : Hasil Analisa dan Proxy Data Sensus Penduduk. J. Among Makarti.

Haryanto, S., 2009. Peran Aktif Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Miskin. Model Ekonomi Rumah Tangga Miskin.

Mariun, N., Badrun., 2004. Kontribusi Perempuan pada Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Miskin : Studi Kasus di 4 Kabupaten/Kota. Warta Demografi Tahun 34 No.3.

Salim, A., 2012. Pengertian Sosial dalam Masyarakat Berdasarkan Suatu Sistem dan Norma. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Soerjono S, 2009. Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Raja Wali. Pers, Jakarta

Widi, 2012. Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga. Semarang : Jurusan/Pendidikan.

Wulansari, 2011. Peran Ganda Perempuan dalam Keluarga Nelayan (Studi Kasus di Desa Sendang Sikucing Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal).

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Kotambunan, O. V., Tambani, G. O., & Durand, S. S. (2024). Kontribusi Perempuan terhadap Pendapatan Keluarga Nelayan di Desa Kumu Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. AKULTURASI, 12(1), 17–24. https://doi.org/10.35800/akulturasi.v12i1.57339

Issue

Section

Articles