PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KAHUKU KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA

Authors

  • MELINDA LALOLORANG
  • ARIE JUNUS RORONG
  • NOVIE PALAR

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan
Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Kahuku, Kecamatan Likupang Timur
Kabupaten Minahasa Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada masyarakat, bahwa dalam proses
pengurusan pelayanan administrasi dibutuhkan waktu yang cukup lama karena keterbatasan sarana
dan prasarana dalam proses pelayanan. Teknik Analisis data menggunakan teknik analisis data
Regresi Linear Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari variabel yang diteliti dan
melalui perhitungan yang menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 26, maka nilai
signifikasi adalah sebesar 0.000 <0.05, dari pernyataan tersebut disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh dari variabel kualitas pelayanan publik (X) terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y) dan
Berdasarkan nilai sebesar 11.478> 2.25807 maka dapat disimpulkan bahwa variabel
kualitas pelayanan publik (X) berpengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat (Y).
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat.

Downloads

Published

2021-01-13

How to Cite

LALOLORANG, M., RORONG, A. J., & PALAR, N. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR DESA KAHUKU KECAMATAN LIKUPANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA UTARA. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 7(99). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/32085

Issue

Section

artikel