IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN GRATIS SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA.

Authors

  • MEYSI CHRISTI ROLOS
  • JOHNNY POSUMAH
  • VERY LONDA

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional bagi wajib belajar maka ditetaplanlah kebijakan
pendidikan gratis bagi peserta didik. Pendidikan gratis merupakan membebaskan segala biaya pendidikan
bagi peserta didik dalam kaitan dengan dengan proses belajar mengajar dan kegiatan pembangunan sekolah.
Dalam implementasinya di Kabupaten Minahasa Tenggara maka terdapat berbagai program yang telah
dilaksanakan sampai dengan saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji implementasikebijakan
pemerintah daerah dalam pelaksanaan pendidikan gratis siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa
Tenggara dengan menggunakan desain kualitatif. Temuan penelitian ini bahwa implementasikebijakan
pemerintah daerah dalam pelaksanaan pendidikan gratis siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa
Tenggara telah dilakukan sebagaimana aspek pengorgansiasian, interpretasi dan aplikasi. Perbaikan yang
perlu dilakukan yaitu Dinas Pendidikan perlu melakukan pengusulan formasi penerimaan guru dengan status
Pegawai Negeri Sipil atau Guru dengan status kepegawaian sebagai Pegawai sebagai pejabat Pemerintah
dengan Perjanjian Kerja untuk memenuhi kebutuhan jumlah guru kelas maupun guru mata pelajaran, Instansi
terkait maupun masyarakat wajib menjalankan fungsi pengawasan pada pelaksanaan pendidikan gratis di
sekolah dasar, Perlu melakukan peninjauan kembali atas program bantuan siswa miskin agar tidak
berbenturan dengan Program Keluarga Harapan (PKH-Pendidikan).
Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pemerintah Daerah, Pendidikan Gratis.

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

ROLOS, M. C., POSUMAH, J., & LONDA, V. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN GRATIS SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 8(113). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/38156

Issue

Section

artikel