Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Noongan
DOI:
https://doi.org/10.35797/jap.v8i4.45884Abstract
Health services are an obligation that must be fulfilled by the government to the community. One of the health service work units is the hospital. In the implementation of services, it was found that many hospital managers were unable to provide quality services. This research was conducted using a qualitative design to explain the quality of outpatient health services at Noongan Regional General Hospital. The research findings are that assessed from the tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy aspects, the quality of outpatient health services at Noongan Regional General Hospital is not all good. So improvements need to be made in various forms of service.
Keywords: Service Quality, Health, Outpatient, Hospital.
References
Alprinces. M. 2021. Strategi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kantor Desa pusunge Kecmatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Administrasi Publik-Volume 7 Nomor 111.
Arief, M. 2018. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayu Media Publishing.
Dame. W. J. 2020. Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Manganitu Kecamatan Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Administrasi Publik-Volume 6 Nomor 97
Idris. D. J. 2021. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Administrasi Publik-Volume 7 Nomor 109.
Mamik. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mu’ah, dan H. Masram. 2014. Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Molida. N. 2020. Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Trikora Salakan Kecamatan Tinangkung Kabupaten Bsnggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Administrasi Publik-Volume 6 Nomor 96.
Timbawa. R. H. 2021. Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Gemeh Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Administrasi Publik-Volume 7 Nomor 112.
Sellang, Kamarudin, H Jamaluddin dan A. Mustanir. 2019. Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Sewa. S. R. 2022. Perilaku Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Dinas Sosial Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Administrasi Publik-Volume 8 Nomor 114.
Sondakh. I. 2020. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Keroit Kecamatan Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Administrasi Publik-Volume 6 Nomor 98.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Sumber lain :
Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit