MEKANISME PENYUSUNAN ANGGARAN PENERIMAAN DAN BELANJA KELURAHAN (Studi di Kelurahan Pante Sagu Kecamatan Pulau Batang Dua Kota Ternate)

Authors

  • Klifandi Pando Universitas Sam Ratulangi
  • F. Daicy. J. Lengkong Universitas Samratulangi
  • Joorie M. Ruru Universitas Samratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v9i1.47334

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mekanisme Penyusunan Anggaran Penerimaan Dan Belanja Kelurahan di Kelurahan Pante Sagu Kecamatan Pulau Batang Dua Kota Ternate. Penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif yang mana untuk menganalisis data dilakukan selama penelitian ini berlangsung, sesuai dengan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Kelurahan Pante Sagu Kecamatan Batang Dua Kota Ternate. Waktu penyusunan anggaran kelurahan pante sagu di bulan april tahun 2021 saat peneliti melakukan penelitian. pemerintah melakukan melakukan pengusulan kegiatan masyarakat untuk menentukan permasalahan atau apa yang diperlukan, setelah itu mengajukan anggaran ke tingkat kecamatan lalu tingkat kota. proses pencarian anggaran dilakukan oleh lurah dari bank dan pjok hasil dari belanja anggaran kelurahan dipergunakan dan dipertanggung jawabkan ke daerah setelah itu bukti-bukti belanja di lakukan pertanggung jawaban/disampaikan kepada masyarakat saat kegiatan dilakukan.

Kata Kunci : Mekanisme, Penyusunan, Anggaran

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Pando, K., Lengkong, F. D. J., & Ruru, J. M. (2023). MEKANISME PENYUSUNAN ANGGARAN PENERIMAAN DAN BELANJA KELURAHAN (Studi di Kelurahan Pante Sagu Kecamatan Pulau Batang Dua Kota Ternate). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 9(1), .179–189. https://doi.org/10.35797/jap.v9i1.47334