IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PRODUKSI PERIKANAN TANGKAP PADA MASYARAKAT NELAYAN DI KOTA MANADO

Authors

  • Vince Juli Rahmat Telaumbanua Universitas Sam Ratulangi
  • Vince Juli Rahmat Telaumbanua
  • Salmin Dengo
  • Novva Novita Plangiten

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v9i2.48151

Abstract

ABSTRACT

This studyyaims to determine the implementation of the Capture Fisheries Production Improvement Program for Fishermen's Communities in Manado City. This study used a qualitative method with the researh location at the Department of Agriculture, Maritime Affairs and Fisheries of the City of Manado and the informants interviewed were 2 official employees and 4 fishing communities. Data collection techniques used are observation, interviewss, and documentation. The results of the study show that the implementation of the program to increase capture fisheries production in fishing communities in the city of Manado every year hassbeen carried out properly in accordance with theeapplicable SOPs, although it is still not optimal and will experience development.

Keywords: Implementation, Program, Fishermen

 

ABSTRAKk

Penelitianaini bertujuanauntuk mengetahui Pelaksanaan Program Peningkatan ProduksiiPerikanan Tangkap PadaaMasyarakat Nelayan Di Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian pada Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Manado dan informan yang di wawancarai ada 2 pegawai dinas dan 4 masyarakat nelayan. Teknikkpengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program peningkatan produksi peikanan tangkap pada masyarakat nelayan di kota manado setiap tahun telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengannSOP yang berlaku, walaupun masih belum maksimal dan akan mengalami perkembangan.

Kata Kunci : Implementasi, Program, Nelayan

 

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Telaumbanua, V. J. R., Telaumbanua, V. J. R., Dengo, S., & Plangiten, N. N. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM PENINGKATAN PRODUKSI PERIKANAN TANGKAP PADA MASYARAKAT NELAYAN DI KOTA MANADO. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 9(2), 246–. https://doi.org/10.35797/jap.v9i2.48151