Efektivitas Organisasi Pemerintah Kecamatan dalam Penyelenggaraan Pelayanan di Kecamatan Langowan Utara Kabupaten Minahasa
DOI:
https://doi.org/10.35797/jap.v9i2.48160Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas organisasi pemerintah Kecamatan Langowan Timur dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif-kuantitatif. Efektivitas organisasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik dilihat dari lima dimensi atau indikator efektivitas organisasi yaitu produksi, efisiensi, kepuasan, adaptasi atau fleksibilitas, dan perkembangan (Gibson dkk ,2008), Informan penelitian terdiri dari pimpinan dan pegawai kantor Camat dan warga masyarakat. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif dari Miles dan Hubernann. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Efektivitas organisasi dilihat dari dimensi “produksi” sudah cukup baik, dimana program-program penyelenggaraan pelayanan pubik dapat diimplementasi dan mencapai hasil yang cukup baik.(2) Efektivitas organisasi dilihat dari dimensi “efisiensi” sudah cukup baik dimana sumber daya organisasi yang dimiliki dapat digunakan/dimanfaatkan dengan cukup baik. (3) Efektivitas organisasi dilihat dari dimensi “kepuasan pegawai” sudah cukup baik, sebagaimana ditunjukkan oleh sikap dan tindakan pegawai dalam menghadapi tugas penyelenggaraan pelayanan publik. (4) Efektivitas organisasi dilihat dari dimensi “adaptasi/fleksibilitas” sudah cukup baik, dimana setiap perubahan atau peningkatan banyaknya tugas serta permasalahan yang muncul di masyarakat dapat ditangani dan diselesaikan dengan cukup efektif. (5) Efektivitas organisasi dilihat dari dimensi “perkembangan” cukup baik yang ditunjukkan dengan adanya kinerja penyelenggaraan pelayanan publik yang terus berkembang/meningkat
Kata Kunci : Efektivitas Organisasi, Pemerintah Kecamatan, Pelayanan Publik