KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DESA BOWOMBARU UTARA KECAMATAN MELONGUANE TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Seila Gumolung Mahasiswa
  • JOYCE RARES samratulangi University
  • RULLY MAMBO samratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.49292

Abstract

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik Pemerintah Desa Bowombaru Utara Kecamatan Melonguane Timur Kabupaten Kepulauan Talaud?. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui kualitas pelayanan publik Pemerintah Desa Bowombaru Utara Kecamatan Melonguane Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa, Tokoh masyarakat desa, dan 2 orang masyarakat desa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pengambilan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan kualitas pelayanan publik Pemerintah Desa Bowombaru Utara dengan menggunakan 5 indikator yaitu: (1) Dimensi Tangibels (Berwujud) Pemerintah Desa belum melaksanakan secara baik mengenai kenyamanan tempat, kedisiplinan pegawai, kemudahan pelayanan, penggunaan alat bantu serta kemudahan akses. (2) Dimensi Reliability (Kehandalan) Pemerintah Desa masih kurang mengenai standar pelayanan yang jelas dan kemampuan pegawai. (3) Dimensi Responsiveness (Respon) Pemerintah Desa belum bisa memberikan kepuasan dalam segi respon yang cepat terhadap masyarakat. (4) Dimensi Assurance (Jaminan) Pemerintah Desa belum bisa memberikan kepastian ketepatan waktu. (5) Dimensi Empathy (Empati) Pemerintah Desa sudah melayani masyarakat dengan attitude yang baik akan tetapi masih terdapat pegawai yang melakukan diskriminasi kepada masyarakat.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Pemerintah Desa.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Gumolung, S., RARES, J., & MAMBO, R. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DESA BOWOMBARU UTARA KECAMATAN MELONGUANE TIMUR KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 9(3), 528–538. https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.49292