FUNGSI PENGAWASAN DALAM KESELAMATAN PENERBANGAN TIMIKA PROPINSI PAPUA TENGAH (Studi Kasus pada Kantor Mozes Kilangin Mimika Administrator Bandar Udara)

Authors

  • EANUS NIWILINGAME

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v9i3.49608

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengawasan keselamatan penerbangan Bandara Mozes Kilangin oleh Otoritas Bandara Wilayah II Timika. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada upaya dan tindakan yang dilakukan untuk mencapainya keselamatan penerbangan di bandar udara, baik yang bersifat preventif (pengawasan preventif) maupun yang bersifat represif (represif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pengawasan represif dilakukan dengan melakukan pemantauan, pemeriksaan, dan penilaian langsung. Semua aspek/bidang yang terkait dengan keselamatan penerbangan di bandar udara menjadi ruang lingkup tugas dan fungsi Kantor Bandar Udara. Pengawasan secara represif terhadap segala aspek yang berkaitan dengan keselamatan  penerbangan belum penuh. Kendala pengawasan represif juga adalah keterbatasan sumber daya manusia Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Timika baik secara kuantitas maupun kualitas, sarana pelaksanaan pengawasan infrastruktur belum sepenuhnya tersedia/terpenuhi; dan koordinasi dengan pihak terkait belum sepenuhnya terealisasi dengan baik.

Kata Kunci: Pengawasan; Keselamatan; Penerbangan.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

NIWILINGAME, E. (2023). FUNGSI PENGAWASAN DALAM KESELAMATAN PENERBANGAN TIMIKA PROPINSI PAPUA TENGAH (Studi Kasus pada Kantor Mozes Kilangin Mimika Administrator Bandar Udara). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 9(3), 391–402. https://doi.org/10.35797/jap.v9i3.49608