Implementasi Program Pencegahan Stunting di Kabupaten Minahasa Utara (Studi Kasus di Kecamatan Wori)

Authors

  • Joshua Tirayoh Universitas Sam Ratulangi
  • Femmy Tulusan samratulangi University
  • JERICHO POMBENGI samratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.52083

Keywords:

Implementasi, Pencegahan, Stunting

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui implementasi program pencegahan stunting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengacu pada Undang-Undang yang telah di tetapkan yaitu Perpres No. 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting yang berjalan dengan cukup baik dikarenakan tiap tahun angka prevalensi stunting menurun, tetapi melihat dari beberapa aspek yang terjadi dalam tingkat koordinasi bersama instansi terkait dengan pelaksana atau kader dalam penurunan stunting  belum terjalin dengan maksimal dikarenakan masih adanya kader yang belum memenuhi kriteria tersebut, hal ini dilihat dari beberapa fakor yang terjadi seperti kurangnya ilmu pengetahuan yang diberikan terkait pencegahan stunting kepada masyarakat dan kurangnya kader untuk berpartisipasi dalam sosialisasi pencegahan stunting. Hal lain juga didapatkan terhadap masyarakat yang belum berperan aktif dalam pengetahuan akan stunting terutama bagi calon pengantin baru, ibu hamil dan ibu menyusui. Adapun saran dari peneliti yaitu berkaitan dengan beberapa permasalahan pada penerapan di lapangan yaitu dengan meningkatkannya lagi ilmu pengetahuan setiap pelaksana serta aktif berperan dalam memberikan sosialisasi/edukasi.

Kata Kunci:  Implementasi, Pencegahan, Stunting

References

Fauzany, Clarissa. 2022. Teknik Pengumpulan Data: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya. PT Gramedia

Hofman DJ, Sawaya, AL., Verreschi I, Tucker, KL., Roberts, SB., 2000. Why are nutritionally stunted children at increased risk of obesity? Studies of metabolic rate and fat oxidation in shantytown children from Sao Paulo, Brazil. Am J Clin Nutrition 72:702-7.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Situasi Balita Pendek. Jakarta: Pusat Data dan Infomasi KEMENKES RI.

Kementrian Kesehatan RI. 2021. Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2021. Jakarta.

Kandou, R., Mandey, J., Pombengi, J. 2016. Faktor-Faktor Penentu Kualitas Pelayanan Kesehatan – Studi di Puskesmas Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT. 1(55)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online.

Lumempow, G., Rares, J., Pombengi, J. 2014. Kualitas Program Pelayanan Kesehatan Gratis (Universal Coverage) di Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado (Studi Kasus di Instalasi Rumah Inap E). Jurnal Administrsi Publik UNSRAT. 1(50)

Millennium Challenge Account. 2014. Sanitasi dan Kebersihan untuk Pertumbuhan Anak yang Sempurna. Jakarta: Proyek Kesehatan & Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Stunting (PKGBM).

Pioh, E., Posumah, J., Tulusan, F. 2015. Implementasi Kebijakan Pengasuhan Anak dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Panti Asuhan Nazareth Tomohon. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT. 1(45)

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Soputan, J., Lengkong, D., Tulusan, F. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Bahu Kecamatan Malalayang Kota Madya Manado. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT. 1(40)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winter, Soren C, 2004. Implementation Perspectife: Statue and Reconsideratin. Dalam Peters, B Guy and Piere, Jon, 2003. Handbook of Public Administration. London: Sage Publications Ltd.

Wicaksono, Pandu., Perdata, Insan. 2022. Kecamatan Wori Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Utara. Metro Digital Printing.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Tirayoh, J., Tulusan, F., & POMBENGI, J. (2023). Implementasi Program Pencegahan Stunting di Kabupaten Minahasa Utara (Studi Kasus di Kecamatan Wori). JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 9(4), 608–619. https://doi.org/10.35797/jap.v9i4.52083